Hanya Konglomerat Saja yang Bisa Miliki 10 Jenis Ayam Ini

Screenshot Video (youtube)
Screenshot Video (youtube)

MALANGTIMES - Ayam jadi salah satu binatang familiar dalam kehidupan sehari-hari, ada ayam broiler, ayam ras dan ayam kampung.

Tapi ayam tadi sudah biasa dan sering dijumpai. 

Kini MalangTIMES akan tunjukkan 10 jenis Ayam yang paling unik di dunia dan mungkin hanya konglomerat saja yang mampu mempunyainya.

1. Ayam Tukung

Yaitu ayam yang tanpa ekor, merupakan ayam asli dari Indonesia tepatnya ayam endemik ini dari Pontianak Kalimantan Barat. 

Keunikan jenis ayam ini adalah tidak memiliki bulu pada ekornya. Hal itu disebabkan tidak adanya 5 ruas tulang belakang dan tulang ekor saat perkembangan hidupnya.

Hingga saat ini ayam hias tanpa ekor ini dapat ditemukan pada 3 ras yaitu backyfoid, maloid, dan mongoloid.

2. Ayam Serama

Kalau ada ayam yang jago bergaya pasti dia jawabannya. Posturnya yang kecil tidak membuatnya kehilangan gaya dengan busungan dada.

Umumnya berat ayam Serama 350 gr hingga 500 gr, tingginya pun hanya sekitar 15 cm. Semakin kecil tubuhnya semakin mahal harganya.

Ayam ini merupakan persilangan antara ayam sutra dengan ayam katek asal Jepang, yang di lakukan oleh Wi Yen In dari Kelantan Malaysia pada tahun 1988.

Ayam Serama ini dikenal sebagai ayam kontes diberbagai Negara terutama di Asia Tenggara. 

Kalau di Indonesia kontes ayam Serama juga rutin digelar sejak tahun 2004.

Harga seekor ayam Serama ini sangat bervariasi mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 25 juta per ekor.

3. Ayam Poland

Ayam ini berasal dari Negeri Kincir Angin Belanda. Ayam ini memiliki keunikan berupa bulu-bulu di atas kepala yang cukup lebat hingga menutupi matanya.

Dulunya ayam Poland hanya dipelihara oleh kalangan tertentu, beda dengan saat ini. Hewan ini cukup populer di seluruh dunia.

Di Indonesia kebanyakan ayam Poland dipelihara sebagai ayam hias, namun juga dapat sebagai peluang bisnis, karena harga per ekornya Rp. 4 juta .

4. Ayam Araucana

Merupakan ayam unik dari Chile, Amerika Selatan, namun kini tersebar di seluruh dunia.

Keunikan ayam ini terletak pada bagian bawah dari lubang telinganya yang ditumbuhi bulu.

Beberapa diantara mereka ada juga yang tidak memiliki ekor, seperti halnya ayam Tukung asal Indonesia.

Keunikan lain dari ayam ini juga memiliki cangkang telur berwarna hijau kebiruan seperti warna telur bebek yang hingga kini tidak diketahui sebabnya.

5. Ayam Onagadori

Adalah ayam unik yang berasal dari Prefektur Koci di Jepang. 

Ayam unik ini memiliki keunikan berupa keelokan pada ekornya yang dapat memanjang hingga 10 m di negara asalnya. 

Sementara di indonesia ini ekornya dapat mencapai 1,5 m.

Banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk memelihara jenis ayam Onagadori, selain untuk hobby dan kesenangan, juga dapat peluang bisnis. Sebab harga seekor ayam dewasa dapat dihargai hingga jutaan rupiah.

6. Ayam Silkie

Ayam ini biasa disebut ayam kapas menjadi terkenal karena bulu-bulu nya yang lembut seperti anak kucing.

Ayam ini memiliki tulang paruh hitam seperti ayam Cemani. Namun bulu kapas ayam ini bisa berwarna warni.

Keunikan hewan yang asalnya dari China ini adalah memiliki 5 jari kaki, Tidak seperti ayam lainnya yang hanya punya 4 jari kaki.

7. Ayam Dong Tao 

Ayam bertampang sangar ini berasal dari Distrik Koai Cao dekat Kota Hanoy Vietnam.

Ayam jenis ini juga tergolong langka, dulunya cuma dikembangbiakkan khusus untuk kebutuhan konsumsi keluarga kerajaan. Tapi sekarang sudah disajikan di restoran-restoran mewah yang pelanggannya kaum berduit.

Seekor ayam Dong Tao hidup ini bisa dihargai sampai Rp. 16 juta, bahkan sepasang ayam Dong Tao pernah dihargai sekitar Rp. 35 juta.

Ayam ini memang memiliki badan yang besar dan sehat, dengan cakar serupa kaki naga dengan warna kemerahan. Seekor ayam Dong Tao jantan saja bisa mencapai berat sampai 6 kg.

8. Ayam Cemani

Kalau ayam satu ini pasti sudah tidak asing di telinga para pembaca MalangTIMES, karena merupakan ayam unik yang berasal dari Indonesia.

Keunikannya yaitu terletak pada warna yang serba hitam yang melekat pada seluruh bagian tubuhnya. Mulai dari bulu mata, darah, hingga ke daging dan tulangnya.

Ayam yang kerap digunakan hal-hal berbau mistis ini memiliki julukan Lamborgini-nya ayam karena harganya yang mahal hingga Rp. 35 juta.

Selain karena keunikannya, harganya yang mahal disebabkan pula oleh kelangkaannya. Untungnya si ayam Cemani yang populer dikalangan pecinta ayam internasional sehingga dibudidayakan di luar negeri.

9. Ayam Brahma

Merupakan jenis ayam yang berasal dari daerah Brahma Putra India, ayam ini multifungsi, karena bisa dijadikan sebagai ayam petelur, ayam pedaging bahkan jadi ayam hias.

Ayam Brahma memiliki keunikan berupa ciri postur tubuh jumbo padat dan berotot. 

Ayam ini juga dapat tumbuh hingga 70 cm dengan bobot hingga 7 kg. 

Bukan hanya itu saja, bulu-bulu nya yang lebat tumbuh sampai kaki dan menutupi jari-jarinya.

Atas berbagai keunggulannya itu pantas saja kalau ayam ini dihargai hingga Rp. 25 juta.

10. Ayam Telanjang 

Ayam tanpa bulu yang merupakan spesies hasil persilangan antara broiler dengan ayam neckitnet yang di kreasikan oleh seorang ahli genetika asal Israel.

Ide dibalik pengembangan ayam telanjang adalah menciptakan ayam yang lebih efisien untuk dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat.

Selain itu ayam ini bisa meningkatkan efisiensi di tempat-tempat pemotongan karena tidak memerlukan waktu untuk pencabutan bulu.

Namun ada kekurangannya ayam telanjang jantan akan kesulitan untuk kawin karena mereka tidak bisa mengepakan sayapnya untuk menjaga keseimbangan saat membuahi.

Sementara ayam telanjang betina ini lebih rentan terhadap parasit dan kondisi lingkungan luar karena tidak memiliki pertahanan bulu.

Nah itu tadi 10 ayam unik yang ada di dunia, para pembaca setia MalangTIMES ingin coba membelinya? 
 

 

Editor : Heryanto
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top