10 Buah Raksasa di Dunia, Satu Diantaranya Ada di Indonesia

MALANGTIMES - Buah adalah makanan yang menyehatkan bagi tubuh, banyak khasiat yang terkadung di dalamnya untuk kesehatan manusia. Akan tetapi, bagaimana jika buah yang berukuran sangat besar?

Berikut MalangTIMES akan hadirkan 10 buah yang berukuran sangat besar dan niscaya akan sulit untuk dimasukkan ke dalam kulkas.

1. Mangga Terbesar 


 

Udah musim mangga nggak sih di kampung kalian, untuk rujak biasanya ya, satu rujak biasanya menghabiskan 2 sampai 3 mangga.

Namun dengan mangga terbesar di dunia ini, kalian bisa menghasilkan 2 porsi rujak atau bahkan lebih.

Mangga terbesar kali ini berasal dari Filipina, tepatnya di Tibot Elegant City bagian Utara Minggedanau.

Mangga yang ditanam dan dikembangkan oleh pasangan Sergiau dan Maria Socoru Budia.

Berat mangga ini mencapai 3,4 kg dengan panjang 30cm dan diameter 50cm.

2. Anggur Terbesar 

 

Buah anggur merupakan salah satu buah yang kecil-kecil bentuknya, kelihatan besar hanya saling menumpuk dalam satu tangkai. Namun kecil-kecil begitu buah ini sangat berkhasiat.

Untuk jenisnya anggur sangat banyak, dari berwarna merah unggu dan hijau. Rasanya juga sangat nikmat dan menjadi bahan utama dalam pembuatan Wine.

Di Jepang ada buah anggur yang ukurannya melebihi ukuran normal anggur pada umumnya, anggur ini disebut sebagai anggur terbesar di dunia dan diberi nama Japanese Ruby Roman Grape.

Harga dari anggur ini pun sangat mahal, untuk satu anggur akan dihargai sekitar Rp 377.728.

Salah satu manager hotel yang ada di Jepang pernah menghabiskan uang sebesar Rp 13 juta untuk 700 gr anggur pada tahun 2009.

3. Apel Terbesar 


 

Apel juga merupakan buah yang tidak terlalu besar ukurannya, namun khasiatnya sangat besar.

Buah yang sering dijadikan sebagai makanan diet ini mulai ditanam di Asia Tengah dan mulai berkembang ke daerah-daerah bersuhu dingin.

Sebagai informasi saja buah ini dekat dengan beberapa budaya yang ada di Eropa. Pernah dikaitkan dengan Jerman dan Agama Nordi, bahkan juga pernah dianggap sebagai buah terlarang dalam mitologi Yunani.

Nah, ada jenis apel yang ukurannya besar, namanya Hokuto apel. Varietas dari Fuji dan Hoku, saking besarnya apel ini masuk dalam Guinness World Record.

Apel ini ditemukan pada 24 Oktober 2005 oleh seorang petani apel yang bernama Cisato Iwaki.

4. Strawberry Terbesar 


Strawberry merupakan buah yang awalnya berada di Chile. Kemudian berkembang ke berbagai negara.

Dan untuk spesies Fragaria Fesa, pertama kali dibudidayakan di Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa strawberry adalah buah semu. Biji yang berada pada permukaan dagingnya dan buah strawberry terbesar ada di Jepang.

Ditemukan seorang petani bernama Koji Nakao asal Fukuoka, Jepang. Strawberry besar ini berukuran 12 cm dengan berat sekitar 250 gr, dan memiliki keliling sekitar 20 sampai 30 cm.

Koji Nakao menemukan buah ini saat sedang panen dan langsung menghubungi Guines Word Record.

5. Tomat Terbesar 


 

Tomat ini salah satu buah sayur yang khasiatnya sangat besar. Merupakan tanaman jangka pendek yang hanya buahnya saja bisa dikonsumsi.

Sedangkan batang dan daunnya mengandung kaloid. Bukan kopi aja yang mengandung kafein, ternyata tomat juga. Mangkannya buah sayur ini bagus dikonsumsi di jam-jam kerja yang melelahkan.

Tapi apakah kalian bisa menghabiskan sebuah tomat yang berdiameter 25 cm, wah kayaknya susah ya?

Ada loh tomat dengan ukuran 2 kali lebih besar dari tomat biasanya, tomat ini hasil dari pengembangan varietas tomat oleh ahli petani dari Inggris. Varietas ini menghasilkan rata-rata 11 tomat besar dalam 1 pohon.

6. Jeruk Terbesar 


Kalau kalian ditanya jeruk apa yang paling besar, pasti jawabannya Jeruk Bali kan. Nah, memang Jeruk Bali ini mempunyai ukuran yang cukup besar.

Namun jika ada lagi yang bertanya jeruk sitrun apa yang terbesar di dunia, maka jawabannya adalah jeruk dari hasil percobaan Huang Ah Sien, seorang peneliti dari Institut Pertanian Taiwan yang menciptakan 170 jenis baru dari buah jeruk dan rata-rata memiliki berat 0,6 kg.

Karena ukurannya yang jauh lebih besar dari jeruk pada umumnya, jeruk ini pun dijuluki jeruk terbesar di dunia.

7. Pisang Terbesar 


 

Pisang terbesar pernah ditemukan di Papua Barat, tepatnya di pergunungan Arfard, ditemukan oleh warga sekitar bernama Jack Daniels pada tahun 1989.

Panjang pisang ini bisa mencapai 18 cm dan berdiameter 3 hingga 4 cm, pokoknya jauh lebih besar dari pisang pada umumnya.

Pohon dari pisang ini juga sangat tinggi, yakni hingga mencapai 25 m dengan diameter 2 m. Dan panjang pelepah daunnya bisa mencapai 5 m dan lebar 1 m.

Satu tandon pisang bisa mencapai berat 60 kg, dan untuk berkecambah, biji pisang ini membutuhkan waktu satu tahun.

8. Nanas Terbesar 


 

Nanas adalah buah tropis yang menyediakan jumlah harian vitamin C dalam satu buahnya, dan buah ini bisa menyembuhkan penyakit jantung koroner.

Menurut cerita, buah ini pertama kali berkembang di Brazil, Bolivia dan Paraguay.

Untuk kalian, jangan percaya mitos bahwa nanas muda dapat akan mengugurkan kandungan. Kandungan nanas bisa memecah protein dalam tubuh adalah salah satu manfaat yang bagus dari buah ini, namun juga bisa menyebabkan pendarahan pada ibu hamil karena janin baru terdiri dari sel protein yang sederhana.

Tapi bagaimana jika nanas yang dikonsumsi itu beratnya sampai 8,2 kg dan panjang sampai 32 cm. Ukuran ini adalah hasil tanaman yang dihasilkan oleh petani bernama Cristin di Palmer Stones, Australia.

9. Labu Terbesar 


 

Dua orang bersaudara kembar dari Inggris berhasil membudidayakan labu terbesar yang pernah ada.

Labu yang memiliki 1,6 ton ini 160 kali lebih besar dari labu pada umumnya. Dan sangat tidak mungkin jika kalian masukkan kedalam kulkas.

Bernama lain waluh, labu adalah tanaman merambat yang berasal dari Benua Amerika yang memiliki banyak cerita berkembang di masyarakat. Seperti menjadi bagian dari budaya Helloween.

10. Semangka Terbesar 


 

Buah dengan kandungan air terbesar ini adalah favorit semua kalangan, apalagi jika musim panas.

Semangka terbesar yang pernah ada ini beratnya mencapai 100 kg, jauh lebih besar dari semangka pada umumnya.

Untuk membawa semangka ini dibutuhkan empat orang agar bisa terangkat. Bisa dibayangin bagaimana beratnya?

Padahal pada hasil panen semangka ini dahulu hanya berukuran normal, tapi pernah sekali mencapai berat 245 pon. Nah, memang perlakuan dari petani nya cukup istimewa, ia menaruh tanamannya di dalam kaca mini untuk melindungi dari panas matahari dan hujan langsung.

Semua buah terbesar tersebut sudah masuk dalam catatan rekor dunia yakni Guinness World Record. Nah untuk pembaca setia MalangTIMES, apa ada rencana untuk menanam buah hingga berukuran besar seperti itu? 

Top