Bikin Ngakak, Motor Curian Digunakan untuk Beraksi, Hasil Curian Ditinggal Saat Kepergok Warga

Rizal Umam tersangka pencurian serta barang bukti sepeda motor Honda Beat yang diamankan polisi, Kecamatan Gondanglegi (Foto : Polsek Gondanglegi for MalangTIMES)
Rizal Umam tersangka pencurian serta barang bukti sepeda motor Honda Beat yang diamankan polisi, Kecamatan Gondanglegi (Foto : Polsek Gondanglegi for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Layaknya minum obat. Rizal Umam warga Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi, dalam sehari mencuri sebanyak dua kali. Sebelum beraksi di bengkel milik Abu Yamin, warga Jalan KH. Ahmad Dahlan, Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi, pelaku sebelumnya juga sempat mencuri sepeda motor, di lokasi berbeda.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pelaku sudah melakukan pencurian alat elektronik pada 18 November lalu. Aksi itu diulangi berselang sekitar dua pekan kemudian. Namun Aksi nekat remaja 20 tahun ini, kepergok oleh warga sekitar. Lantaran ketakutan, pelaku memilih kabur dan meninggalkan sepeda motor Honda Beat nopol N-2781-EEK, di lokasi kejadian.

Belakangan diketahui, sepeda motor warna biru buatan tahun 2015 yang tertinggal tersebut ternyata milik Nur Hayati, warga Jalan Letjen S Parman, Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi. Perempuan 37 itu, kehilangan kendaraan miliknya, pada 29 November dini hari lalu. Saat kejadian, sepeda motor tersebut diparkir di dalam rumahnya.

Tersangka sempat mencongkel pintu rumah, sebelum akhirnya mengambil kunci kontak motor pada gantungan kunci. Setelah itu, motor dibawa kabur melalui pintu depan. “Dari pengakuannya pelaku melancarkan aksinya sendirian. Sebelum beraksi tersangka sudah mengawasi situasi dan kondisi,” kata Kanitreskrim Polsek Gondanglegi, Ipda Heriyani.

Berbeda dengan aksi pencurian pada 18 November lalu. Kali ini motor hasil mencuri itu, tidak dibawa pulang untuk disembunyikan. Namun, sesaat setelah berhasil membawa kabur sepeda motor, kendaraan tersebut langsung digunakan sebagai sarana untuk mencuri lagi, di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi. Tetapi karena kepergok warga, sepeda motor itu, ditinggalkan oleh tersangka di lokasi pencurian di bengkel milik Abu Yamin tersebut. 

“Pada hari yang sama, kami mendapatkan laporan pencurian sepeda motor, dan percobaan pencurian, yang dilakukan oleh tersangka,“ terang Kanitreskrim Polsek Bantur ini.

Heriyani menambahkan, semula pihaknya sempat menduga jika pelaku pencurian sepeda motor, adalah suami dari korban (Nur Hayati). Namun setelah dilakukan penyelidikan dan pendalaman, petugas akhirnya mendapat petunjuk jika pelakunya adalah Rizal Umam. “Kami mendapat informasi dari korban (Nur Hayati) kalau tersangka sering datang ke rumahnya. Dari sinilah, kecurigaan kami mengarah kepada tersangka," imbuhnya.

Berawal dari inilah, polisi akhirnya meminta alamat pelaku. Alhasil, ketika ditangkap dan dilakukan penggeledahan, di dalam rumah tersangka ditemukan berbagai barang hasil curian. "Di hadapan penyidik, pelaku mengakui jika selama ini yang melakukan pencurian di dua lokasi kejadian adalah dirinya," pungkasnya.

 

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top