Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Soal Water Treatment Plant, Pj Wali Kota Malang Minta Proses Lebih Cepat

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 10:06

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat.(Foto: Istimewa).
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meminta agar proses perizinan terkait proyek water treatment plant (WTP) agar bisa dipercepat. Sampai saat ini, proyek itu masih belum berlanjut setelah prosesnya diberhentikan sejak akhir tahun 2023 lalu. 

Sebenarnya, pembangunan WTP yang memanfaatkan aliran Sungai Bango ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Malang. Pelaksanaannya mengacu pada perjanjian kerjasama (PKS) antara PJT I dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Tirta Kota Malang. 

Baca Juga : Lagi Banyak Dipakai, Ini Ternyata Manfaat Acne Patch dan Cara Memilihnya

"Enggak dibiarkan, progresnya terus, kita beberapa waktu lalu rapat, dan tiap OPD saya perintah untuk segera melaksanakan secepatnya dan koordinasikan. Saya minta lebih cepat lebih baik," ujar Wahyu. 

Wahyu mengatakan, saat ini berkas persyaratan yang masih terus berproses adalah amdal. Sebab menurutnya, dalam pengurusan amdal ada banyak persyaratan yang saat ini masih belum terpenuhi. "Apabila belum terpenuhi kita segera selesaikan," imbuh Wahyu. 

Wahyu mengatakan, tentu amdal yang dibutuhkan harus sesuai dengan ketersediaan luas lahannya. Sebab jika tidak, tentu amdalnya tidak dapat diterbitkan. 

"Nanti sepertinya dari pihak pemohon sudah mengurangi luas lahan. Supaya nanti jenis amdalnya yang dikeluarkan sesuai dengan kewenangan dari kota malang," terang Wahyu. 

Selain itu menurutnya juga ada persyaratan tertentu yang harus diperhatikan. Yakni terkait dampak yang masih harus dimintakan rekomendasi kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

"Kalau luasan nanti semakin luas, kewenangannya dair pusat. Mungkin nanti luasanya dikurangi nanti akan kita lihat seperti apa jauh nanti kita lihat kewenangannya bagaimana," pungkas Wahyu. 

Baca Juga : DPRD Banyuwangi Usul Pemerintah Alokasikan Dana Pembangunan Desa yang Memadai

Sementara itu, pemberhentian proyek WTP tersebut juga telah melalui pemeriksaan sebelumnya. Yang melibatkan antara PJT I serta beberapa perangkat daerah. Yakni Disnaker-PMPTSP, DLH dan Dinas PUPRPKP. 

"Saya temukan antara PJT dan tim perizinan, Dinas Perizinan, dinas PU, dan DLH banyak persyaratan yang belum dilengkapi. Jadi saya minta waktu itu berhentikan dahulu untuk dilengkapi," terang Wahyu. 

Wahyu menegaskan bahwa terkait hal tersebut mutlak berada PJT I. Artinya, untuk dapat melanjutkan proyeknya sejak 6 November 2023 lalu, PJT I harus melengkapi berkas perijinan yang dipersyaratkan. 


Topik

Pemerintahan wahyu hidayat sungai bango wtp kota malang wali kota wahyu hidayat


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya