Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Maling Spesialis Rokok Bobol Kafe di Kayutangan Heritage Kota Malang, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

14 - Mar - 2024, 17:42

Salah satu pegawai saat menunjukkan lokasi pelaku di Masple Kayutangan Coffee & Gelato di kawasan Jalan Basuki Rahmat, kawasan Kayutangan Heritage Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (14/3/2024). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)
Salah satu pegawai saat menunjukkan lokasi pelaku di Masple Kayutangan Coffee & Gelato di kawasan Jalan Basuki Rahmat, kawasan Kayutangan Heritage Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (14/3/2024). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Untuk kedua kalinya Masple Kayutangan Coffee & Gelato di kawasan Jalan Basuki Rahmat, kawasan Kayutangan Heritage Kecamatan Klojen, Kota Malang dibobol maling. Maling melibas habis rokok yang ada di dalam kafe yang memiliki dua lantai tersebut.

Untuk melakukan aksi tersebut, pelaku memanjat lantai 2 pada Rabu (13/3/2024) pukul 03.57 WIB. Padahal pegawainya baru saja pulang pukul 03.20, saat kondisi sepi pelaku memulai aksinya dengan membobol jendela yang mulai rapuh dimakan rayap untuk bisa masuk ke dalam.

A

"Malingnya masuk lewat jendela. Jadi jendelanya diongkel," ungkap Pegawai Kafe Masple Kayutangan Coffee & Gelato, Ezra Natanael, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga : Bongkar Paving Ruko Galunggung Ditemukan Tengkorak, INAFIS Polesta Malang Kota Turun Tangan

Kemudian pelaku langsung turun ke lantai 1. Di lantai 1 itu terdapat CCTV yang merekam pelaku menggunakan hoodie membungkuk untuk menghindari CCTV.

Namun pelaku langsung menuju CCTV untuk menutup kamera pengawas tersebut. Sehingga tak bisa merekam aksinya saat mengambil beragam merek rokok yang ada di sana.

Jenis-jenis merek rokok yang diambil beragam mulain dari luar negeri seperti rokok Bohem hingga rokok lokal seperti rokok Cigarillos, Gudang Garam, serta macam cerutu mulai ukuran besar dan kecil. Hingga aksesoris korek dan aksesoris merokok.

"Pelaku ini tahu posisinya CCTV langsung ditutup. Langsung ambil rokok, cerutu, sampai korek diambil habis," imbuh Ezra kepada JatimTIMES.

Setelah mengetahui pukul 09.00 saat petugas mengecek CCTV, pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada kepolisian setempat. Pria yang juga barista itu mengaku kerugian yang dialami hingga Rp 30 juta.

"Jadi bulan Ramadan ini kami bukanya jam 23.00-03.00, jadi yang tahu petugas saat ngecek CCTV. Lalu saya lihat sendiri, kondisi lantai 1 sudah berantakan," tambah Ezra.

Sayangnya dalam CCTV ini wajah pelaku tidak terlihat. Diduga, pelakunya adalah orang yang sama dengan kejadian pembobolan sebelumnya yang terjadi pada Januari 2024 lalu.

Baca Juga : Viral Video Balap Liar Saat Ngabuburit di Malang Seruduk Warga yang Melintas

"Karena sudah tahu posisi CCTV dan yang diambil juga sama hanya rokok," terang pria 25 tahun ini. Pada Januari lalu, pelaku mengambil rokok lewat lantai 2 yang tidak terkunci.

Saat itu pelaku tidak semua mengambil rokok,  dengan total kerugian mencapai jutaan rupiah. Setelah kejadian Januari itu, pihak kafe sudah memberikan gembok pada pintu lantai 2.

Setelah kejadiam kedua kalinya ini, jendela sudah ditralis menghindari kejadian serupa terulang. Pihak kepolisian pun telah melakukan olah tempat kejadian pekara.

Hal tersebut diungkapkan Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Danang Yudanto menambahkan, kejadian tersebut sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Beberapa bukti tengah dikumpulkan.

"Anggota kami sudah  mendatangi TKP, dan bertanya ke saksi-saksi serta mengecek rekaman CCTV," terang Danang.


Topik

Hukum dan Kriminalitas maling maling di kayutangan pencurian kota malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana