Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Petani Bunga Mawar Tabur di Jombang Raup Untung Rp 1 Juta/Hari

Penulis : Adi Rosul - Editor : Dede Nana

05 - Mar - 2024, 13:54

Pemetikan bunga mawar tabur di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Pemetikan bunga mawar tabur di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Petani bunga mawar tabur di Jombang meraup keutungan Rp 1 juta setiap harinya. Bunga mawar untuk keperluan ziarah kubur itu juga berpotensi mendatangkan untung berlipat jelang Ramadan dan lebaran mendatang.

Suwarno alias Datuk (44), warga Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang ini sudah 5 tahun menanam pohon bunga mawar tabur. Ia memanfaatkan lahan persawahan untuk membudidayakan bunga mawar berwarna merah muda itu.

Baca Juga : Bertahan Hidup: Kisah Petani Bunga Turi di Situbondo

Saat ini ia telah memiliki 2 haktare (ha) lahan yang ditanami 40 ribu bunga mawar tabur. Hanya saja, baru 1 ha lahan yang saat ini bisa dipanen. Lahan berisi 20 ribu batang pohon bunga mawar tersebut ia panen setiap hari.

"Setiap hari panen. Kalau per hari antara 150-200 kantong atau antara 40-50 Kg," ujarnya saat diwawancarai JatimTIMES di lahannya, Selasa (5/3/2024).

Datuk menjual bunga mawar tabur seharga Rp 50 ribu/Kg. Dalam sehari, 10-20 Kg bunga mawar tabur berhasil terjual. Pembeli kebanyakan dari Jombang, Lamongan dan Surabaya.

"Setiap hari dapat Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Kalau sebulan dapat Rp 30 juta," kata suami dari Etik Noviandari (40) ini.

Baca Juga : Impor Migas Masih Tinggi, Neraca Dagang Jatim Defisit USD 426,72 Juta di Awal Tahun

Bunga mawar tabur ini biasa digunakan untuk keperluan ziarah kubur. Kebutuhan bunga mawar tabur ini diprediksi akan meningkat saat momen jelang Ramadan. Sebab ada tradisi ziarah kubur saat akan memasuki bulan Ramadan yang biasa disebut Megengan.

Datuk mengatakan, momen megengan tahun lalu mampu menjual 40 Kg setiap harinya. Harga 1 Kg bunga mawar itu pun meroket hingga Rp 200 ribu. "Kalau megengan ditambah hari raya tahun kemarin itu keuntungannya sekitar Rp 60 juta," kata Datuk.


Topik

Ekonomi petani bunga mawar tabur mawar tabur harga mawar tabur


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Dede Nana