Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

7 Instruksi Presiden, Pj Wali Kota Wahyu Siap Sinkronisasi Kebijakan Kota Malang

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

30 - Oct - 2023, 19:55

Placeholder
Rakor Presiden RI Joko Widodo bersama seluruh Kepala Daerah se Indonesia (foto: Prokompim Pemkot Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mencatat ada tujuh instruksi yang diberikan Presiden Joko Widodo saat mengikuti rapat koordinasi di Istana Negara, Senin (30/10/2023). Instruksi tersebut akan segera ia jalankan saat kembali ke Kota Malang.

Menyimpulkan kedua rakor tersebut, Wahyu mengatakan sejumlah hal itu didasarkan pada perkembangan situasi global khususnya menyangkut dampak perang Rusia-Ukraina serta perkembangan konflik Israel-Palestina yang semakin meruncing. Wahyu menambahkan Presiden Jokowi berpesan kepada para kepala daerah untuk mengantisipasi potensi dampak yang muncul dari konflik tersebut.

Baca Juga : Unisma Gelar Sharing Session Bergengsi, Undang 3 Pasang Capres-Cawapres

“Tadi saat rakor, Bapak Presiden memberi penekanan dampak konflik Rusia-Ukraina dan Israel-Palestina. Beliau harap semua mengantisipasi dampaknya, meskipun dua konflik itu jauh dari Indonesia tetapi tetap harus diantisipasi, khususnya terkait dengan kebutuhan bahan pangan,” ucap Wahyu dikutip dari rilis resmi Prokompim Pemkot Malang.

Wahyu pun membeberkan tujuh instruksi yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo. Beberapa diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi hingga memperkuat iklim investasi.

“Terkait instruksi Pak Presiden, ada 7 (tujuh) yang disampaikan. Pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, intervensi pemerintah dalam menstabilkan harga, perkuat iklim investasi, intensifkan bantuan sosial, dukung program strategis nasional seperti penanganan stunting, kemiskinan ekstrim, serta hilirisasi produksi, Mendukung stabilitas dan kondusifitas wilayah menghadapi Pemilu 2024,” urai Wahyu.

Wahyu menambahkan sejalan dengan instruksi Presiden, Mendagri Tito Karnavian lebih memberikan arahan yang bersifat teknis khususnya terkait dengan sinkronisasi perencanaan dan keuangan pusat dengan daerah serta sasaran indikator nasional ke daerah. 

Wahyu lantas menggarisbawahi terkait arahan Mendagri menjadi tugas dari para pejabat kepala daerah untuk melaksanakan. “Sejalan yang disampaikan Bapak Presiden, Pak Tito lebih ke teknisnya. Intinya sinkronisasi perencanaan dan keuangan pusat dengan daerah, plus sasaran indikatornya. Nah ini jadi tugas saya untuk menyusun RPJPD 2025-2045 dan RPJPD 2025-2029, karena timing yang tepat dengan berakhirnya RPJPN dan RPJMN habis di masa 2024,” terang Wahyu.

Wahyu pun lantas menyatakan kesiapannya menindaklanjuti instruksi Presiden dan arahan dari Mendagri itu. Menurutnya, langkah awal yang dilakukan adalah menyinkronkan poin-poin instruksi presiden sebagai sasaran indikator strategis di RPJPD dan RPJMD termasuk dengan perencanaan dan keuangannya.

Baca Juga : Kata Cak Imin soal Jokowi Bertemu 3 Capres: Presiden dan Aparatur Negara Netral

“Secara prinsip saya akan tindaklanjuti apa yang jadi instruksi Pak Presiden dan arahan Mendagri. Saya siap menyukseskan apa yang jadi tugas saya sebagai penjabat wali kota, langkah awalnya saya sinkronkan dulu dengan kebijakan daerah. Instruksi Presiden akan jadi sasaran indikator strategis yang tertuang di RPJPD dan RPJMD,” jelasnya.

Untuk segera menindaklanjuti hal ini, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang ini akan mengumpulkan seluruh jajaran kepala perangkat daerah. Dirinya menginginkan sistem perencanaan yang diarahkan Mendagri ini dapat segera dilaksanakan oleh jajarannya.

“Hasil rakor ini akan saya sampaikan ke semua kepala perangkat daerah. Saya harap bisa segera terealisasi sehingga menguatkan arahan bapak Mendagri tadi menciptakan sinkronisasi kebijakan antara pusat dengan daerah,” tutup Wahyu.


Topik

Pemerintahan pj wali kota malang instruksi presiden jokowi pemkot malang wahyu hidayat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana