A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessionthsjd4pfevsjd2ved7m1h0rka86p8f2i): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Hukum Bersumpah dengan Al-Quran, Apakah Sah? - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Hukum Bersumpah dengan Al-Quran, Apakah Sah?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

31 - Aug - 2023, 12:39

Placeholder
Ilustrasi bersumpah (pixabay)

JATIMTIMES – Masih banyak orang yang mempertanyakan perihal hukum bersumpah dengan Al-Quran. Sebab, ada juga sebagian orang yang bersumpah dengan bukan atas nama Allah, melainkan dengan Al-Quran. Lantas bagaimana hukumnya?

Diolah dari beberapa sumber, salah satunya bincang syariah, jika bersumpah dengan Al-Quran, baik itu memegangnya ataupun tidak, hukumnya boleh dan sumpahnya pun sah. 

Baca Juga : Jokowi Buka Suara soal Kasus Paspampres Bunuh Warga Aceh

Pendapat para ulama, bolehnya bersumpah dengan Al-Quran ini memang karena Al-Quran merupakan kalam Allah. Kalam Allah sendiri masuk dari sifat Allah. Sehingga sumpah ini sah, sebagaimana sumpah atas nama Allah. 

Imam Ibnu Qudamah dalam Kitab Al-Mughni menjelaskan, "Sesungguhnya bersumpah dengan Al-Quran adalah sumpah yang sah, yang wajib membayar kafar jika dilanggar. Ini telah dikatakan oleh Ibnu Mas’ud, Al-Hasan Al-Bashri, Qatadah, Malik, Al-Syafii, Abu ‘Ubaid, dan kebanyakan para ulama. Mereka berdalil bahwa Al-Quran adalah kalam Allah dan termasuk bagian dari sifat dari sifat-sifat Dzat-Nya. Karena itu, bersumpah dengan Al-Quran adalah terjadi atau sah, sebagaimana jika bersumpah dengan kalimat ‘Demi kemuliaan Allah dan keagungan-Nya".

Darul Ifta’ Al-Mishriyah juga menguatkan bahwa "Bersumpah dengan Al-Quran termasuk sumpah yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat, sebagaimana sumpah ‘Demi Allah Yang Maha Agung.’ Karena itu, bersumpah dengan Al-Quran adalah sah karena Al-Quran adalah kalam Allah. Di antara ulama yang berpendapat demikian adalah Muhammad bin Muqatil. Beliau juga berkata; Ini pendapat yang diambil oleh kebanyakan ulama".

Untuk itu, garis besarnya adalah bersumpah dengan Al-Quran hukumnya boleh. Tentu, sumpah haruslah sesuai dengan kebenaran dan bukan mengingkarinya. Jika dilanggar, maka seseorang wajib untuk membayar karafah sumpah atau menanggung konsekuensi dari sumpah yang tidak sesuai atau tidak dilaksanakan.

 


Topik

Agama Sumpah sumpah dengan Al-Quran kajian Islam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy