Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Hadiah HUT 109 Kota Malang, Disnaker-PMPTSP Keluarkan Terobosan Libra

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Apr - 2023, 12:27

Perizinan braile yang dikeluarkan Disnaker-PMPTSP Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Perizinan braile yang dikeluarkan Disnaker-PMPTSP Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang memiliki terobosan baru yang dikeluarkan sebagai hadiah Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Malang ke-109. Ialah perizinan braile yang diberi nama Libra (Layanan Inkuisi Braile).

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastyawan mengatakan bahwa di tahun 2023 ini pihaknya mengeluarkan terobosan baru. Terobosan tersebut untuk menyamaratakan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga : Rangkaian HUT ke-34, FIFGROUP Grebeg Pasar Hadir di Bandung  Ikhtisiar

“Kami ada namanya izin penyehat tradisional, tapi itu hanya izin berupa tulisan. Nah selanjutnya ini kami akan kolaborasikan untuk membuat perizinan dengan huruf braile. Ini adalah terobosan baru, yang lain belum ada. Kalau Dispendukcapil ada, namanya KTP braile,” kata Arif.

Dijelaskan Arif, perizinan untuk pemohon difabel netra sebelumnya terdiri dari beberapa lembar. Hal tersebut menurutnya kurang efektif dan tidak dapat dibaca oleh para difabel netra.

“Kalau kemarin ada sampai 3-4 lembar, itu tidak efektif. Dan yang khusus braile orang biasa kan tidak bisa baca. Kalau yang baru ini kan surat izin dengan tulisan dan ditindes dengan huruf braile, itu sudah lengkap dan sudah mengetahui masa berlakunya sampai kapan,” beber Arif.

Bahkan, perizinan braile diklaim Arif adalah satu-satunya di Jawa Timur. Dan hal tersebut dapat memudahkan pemohon untuk segera mendapatkan izin.

“Mungkin se Jatim insyaallah baru Kota Malang, kalau di Jakarta sudah ada dari lama. Ini untuk semua perizinan yang pemohonnya difabel netra,” kata Arif.

Baca Juga : Pemkot Batu Canangkan Pekarangan Pangan Lestari

“Jadi mulai komputer braile juga sudah kami siapkan, karena untuk data kan yang memasukkan pemohon itu sendiri, tapi tetap dibantu petugas dari kami,” imbuh Arif.

Selanjutnya, Arif mengaku nantinya Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Malang akan dibuat ramah difabel. Mulai dari lift ramah difabel, ruang tunggu dan sebagainya. 

“Jadi agar tidak ada persepsi membeda-bedakan. Untuk pelayanan akan sama semua,” jelas Arif.
 


Topik

Pemerintahan HUT Kota Malang Disnaker dpm ptsp braile libra inovasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri