Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Kabar Gembira bagi Kreator Konten, UMM Malang Sediakan Beasiswa untuk Jadi Mahasiswa 2023

Penulis : Fadhilatul Husni - Editor : Dede Nana

07 - Mar - 2023, 02:38

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. sumber : umm.ac.id
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. sumber : umm.ac.id

JATIMTIMES - Para kreator konten yang ingin kuliah bisa bergembira. Pasalnya UMM Malang memberikan beasiswa bagi kreator konten plus tanpa tes masuk. Hal ini tentunya berlaku bagi kreator konten yang aktif menggunakan platform Youtube, Instagram, dan Tiktok. 

Beasiswa bagi kreator konten menjadi salah satu program UMM Malang. Di mana, UMM Malang menyediakan lima beasiswa yakni talenta unggul, beasiswa anak yatim, beasiswa Program Pendidikan Ulama Tarjih (PPUT), beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan beasiswa bagi kreator konten. Beasiswa terakhir ini yang banyak diminati calon mahasiswa sesuai dengan perkembangan tren dunia digital.

Baca Juga : Jadi Guru Besar Pertama Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, Ini Pidato Ilmiah Prof Rifa Hidayah 

Jalur beasiswa kreator konten terbuka untuk semua jurusan, kecuali untuk masuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Beasiswa bagi kreator konten ini sudah dimulai sejak tahun ajaran 2021/2022 karena peminatnya lumayan banyak.

Beberapa syarat bagi kreator konten yang ingin mendapatkan beasiswa adalah sebagai berikut: untuk youtuber harus memiliki subscriber sebanyak 5.000, sementara mereka yang aktif di Instagram minimal memiliki 10.000 follower. 

Nurudin mengatakan bahwa hal ini menjadi upaya UMM untuk memberikan pengakuan bagi mereka yang punya karya. “Khususnya, bagi mereka yang aktif dalam membuat konten kreatif, edukatif, dan positif. Adapun pendaftaran jalur prestasi ini akan dibuka hingga 8 Juni 2023 mendatang. Tiap awal bulan akan langsung diumumkan siapa saja yang lolos beasiswa dan jalur ini. Tahun lalu ada 3.709 pendaftar yang terdiri dari 3.273 jalur akademik dan 432 non akademik,” jelasnya. dilansir dari umm.ac.id.

Adapun beasiswa ini terbagi menjadi dua skema, yakni lewat jalur akademik dan non akademik. Untuk akademik, calon mahasiswa mendaftar menggunakan rata rata nilai raport 80. Sementara untuk non akademik, para pendaftar bisa menggunakan sertifikat atau bukti lain yang memperlihatkan keaktifan di olahraga, organisasi, kepemimpinan, sosial dan lainnya. 

Baca Juga : Belasan Hewan Ternak di Kabupaten Blitar Terpapar LSD, Tersebar di 4 Kecamatan

"Misalnya saja sertifikat hafiz sepuluh juz atau juara kompetisi pencak silat,” ujar Nurudin. dilansir dari umm.ac.id

Penerima beasiswa akan mendapatkan potongan SPP dari awal kuliah sampai nanti semester delapan. Potongannya juga bervariasi yakni 25-75% tiap semesternya. Meski begitu, mereka juga diharuskan untuk memiliki indek prestasi (IP) yang stabil, yakni di atas 3,80 tiap semester. Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa yang menerima punya tanggung jawab dan usaha keras untuk mempertahankan nilai.


Topik

Pendidikan kreator konten beasiswa kreator konten umm malang


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Fadhilatul Husni

Editor

Dede Nana