Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Malang Terima Penghargaan Adipura Ke-12 dari Kementerian LHK

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

28 - Feb - 2023, 04:24

Bupati Malang HM Sanusi (kanan, pakai peci) saat menerima penghargaan bidang lingkungan hidup  tahun 2022 dan Piala Adipura dalam Kategori Kota Kecil bagi Kota Kepanjen ke-12 kalinya di Jakarta. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang)
Bupati Malang HM Sanusi (kanan, pakai peci) saat menerima penghargaan bidang lingkungan hidup tahun 2022 dan Piala Adipura dalam Kategori Kota Kecil bagi Kota Kepanjen ke-12 kalinya di Jakarta. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang)

JATIMTIMES - Penghargaan bidang lingkungan hidup  tahun 2022 diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Selain itu, pemerintahan yang dipimpin l Bupati HM. Sanusi ini juga sukses mempertahankan Piala Adipura dalam Kategori Kota Kecil bagi Kota Kepanjen untuk kali ke-12.

Penghargaan bergengsi tersebut diterima langsung oleh Bupati Malang HM. Sanusi  dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI) Siti Nurbaya di Jakarta, Selasa (28/2/2023) pagi.

Baca Juga : Piala Adipura Kembali ke Kota Malang

"Semua penghargaan termasuk Piala Adipura yang diraih oleh Kabupaten Malang ini merupakan hasil dari kerja keras dan jirih payah dari seluruh masyarakat serta para organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Malang. Terutama jajaran OPD yang terkait dengan bidangnya," ucap Sanusi usai menghadiri agenda yang berlangsung di Jakarta tersebut.

Dengan kembali diraihnya penghargaan Adipura ini, lanjut Sanusi, menjadi bukti bahwasanya berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat telah dilaksanakan dan diwujudkan oleh Pemkab Malang. Di antaranya program mengenai zero waste hingga zero emission.

"Dengan adanya peran dari masyarakat yang semakin taat dan semangat dalam menggelorakan program pemerintah, menjadikan program ini bisa terwujud di masyarakat," jelas Sanusi.

Dengan adanya program tersebut, lingkungan hidup di wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Malang, diharapkan bisa menjadi lebih sehat karena terbebas dari ancaman polusi dan pencemaran lingkungan.

"Hal ini menjadi tujuan pokok untuk menyelamatkan bangsa agar ke depan bisa terhindar dari segala macam musibah. Terutama musibah yang diakibatkan dari adanya polusi serta pencemaran lingkungan," imbuh Sanusi.

Keberhasilan Pemkab Malang dalam meraih Adipura 2022 ini, dijelaskan Sanusi, tidak terlepas dari adanya sinergitas dalam bidang pengurangan sampah. Di antaranya melalui adanya bank sampah. "Saat ini bank sampah di Kabupaten Malang ada sekitar 250 unit," ungkapnya.

Bergeser ke sektor pengurangan sampah, Pemkab Malang juga telah aktif menerapkan keberadaan tempat pengelolaan sampah reduce, reuse dan recycle (TPS3R).

"TPS3R di Kabupaten Malang kurang lebih ada sebanyak 40 lokasi. Salah satunya inovasi yang dimiliki TPS3R Edu Sampah Cipta Kerja di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau," ungkapnya.

Baca Juga : 21 Tahun Berdiri, Akhirnya Kota Batu Berhasil Meraih Penghargaan Piala Adipura 2022 

Selain di Kecamatan Dau, TPA Talangagung di Kecamatan Kepanjen juga telah mengoperasikan controlled landfill serta pemanfaatan gas methane sebagai pengganti elpiji bagi 260 rumah tangga secara gratis. Hal itu, diterangkan Sanusi, juga menjadi salah satu poin penilaian dalam penghargaan yang diterima Pemkab Malang.

"Semoga Program Bersih Indonesia sudah bisa diimplementasikan tahun depan sehingga sekaligus bisa mendukung penilaian untuk Adipura Kencana Kota Kepanjen Kabupaten Malang," tukas Bupati Malang.

Sementara itu, dalam rilisnya, Kementerian LHK menyatakan Program Adipura merupakan program pemerintah pusat yang salah satunya adalah kewenangan menyelenggarakan koordinasi, pembinaan, dan pengawasan kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan efektivitas pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

Harapannya, akan terwujud kabupaten/kota yang memiliki kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh serta berkelanjutan. Penilaian dalam program Adipura lebih kepada menilai inovasi dan kearifan lokal untuk mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan sejumlah pendekatan.

Beberapa pendekatan yang dimaksud tersebut meliputi pendekatan wilayah, pendekatan implementasi kebijakan persamaan dan pendekatan implementasi penghijauan. Salah satu penilaiannya adalah tentang pengelolaan sampah. Sedangkan target nasional pada tahun 2025 adalah pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah 70%. Termasuk mendorong kabupaten dan kota dalam penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai hilir.

Sekadar informasi, dalam agenda penyerahan Anugerah Adipura tahun 2022 dari Kementerian LHK yang berlangsung di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta tersebut. Bupati Malang juga hadir memenuhi undangan bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat.


Topik

Pemerintahan Adipura Kabupaten Malang Bupati Sanusi


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy