Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Gelar O2SN, Pemkot Batu Andalkan Cabor Ini di Provinsi

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

22 - Feb - 2018, 18:14

Salah satu siswa yang sedang mengikuti lomba atletik di Stadion Brantas, Kamis (22/2/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu siswa yang sedang mengikuti lomba atletik di Stadion Brantas, Kamis (22/2/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu menggelar event Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Batu khusus untuk siswa sekolah dasar (SD) dan Madrasah ibtidaiyah (MI).

Baca Juga : Pemain Arema Tak Lagi Kirim Video Latihan, Ternyata Ini Sebabnya

Totalnya ada enam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event yang bertujuan untuk menyaring bibit atlet muda tersebut.

Ke enam cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam event O2SN tingkat Kota Batu tahun ini meliputi cabor bulutangkis, atletik, renang, senam, karate, dan pencak silat. Seluruh cabor ini digelar secara terpisah di sejumlah tempat mulai di GOR Ganesha, Stadion Brantas dan juga kolam renang songgoriti Kelurahan Songgokerto.

Semua cabor dipertandingkan serentak pada waktu yang sama sebab O2SN ini hanya digelar selama satu hari saja. Dengan diikuti oleh 90 pelajar dari SD/MI negeri dan swasta se Kota Batu. Sedangkan untuk tim juri dan wasit berasal dari guru olahraga, KONI Kota Batu dan Bapopsi Kota Batu.

“Agar pertandingan berlangsung fair dan tidak ada keberpihakan pada salah satu kontingen, saya meminta tim juri bertindak adil tanpa memandang asal kontingen,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin. 

Ia menambahkan dalam pertandingan selain mencari pelajar yang akan mewakili Kota Batu dalam ajang provinsi, juga sekaligus menjaring bibit-bibit baru. Rencananya di tingkat provinsi diperkirakan pada bulan April. 

Baca Juga : Masih Cari Pengganti Ratu Tisha, Waketum PSSI: Tugas dan Tanggung Jawab Sekjen Itu Berat

Dengan demikian pihaknya memiliki waktu yang cukup untuk memberikan pelatihan dengan intensif.  “Kenapa kita gelar sekarang, jadi kita ada kesempatan untuk melatih,” jelasnya.

Menurutnya dalam O2SN tingkat provinsi mendatang beberapa cabang yang diandalkan seperti cabor renang, pencak silat, dan karate. 

Dalam pertandingan ini nantinya hanya peraih juara pertama saja yang akan dikirim untuk mewakili Kota Batu dalam event yang sama di tingkat propinsi Jawa Timur. Mistin berharap melalui event ini, nantinya akan muncul bibit atlet muda berprestasi dari Kota Batu.

Selain itu, pembukaan event O2SN ini sendiri ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pendidikan dan juga penyematan tanda peserta O2SN. Ditambah acara pembukaan O2SN semakin meriah dengan gerakan senam nusantara yang diikuti oleh seluruh peserta.


Topik

Olahraga berita-batu O2SN Dinas-Pendidikan-kota-Batu Olimpiade-Olahraga-Siswa-Nasional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus