Pengusaha Asal Malang Ini Dikenal Dermawan, Siapa Dia?

Nov 01, 2017 17:14
Pengusaha asal Malang Ir H Ghufron Marzuqi (berbaju hijau) berbaur di tengah-tengah warga Jalan Ikan Mas II Kelurahan Tunjungsekar Kacamatan Lowokwaru Kota Malang (foto: Warga for MALANGTIMES)
Pengusaha asal Malang Ir H Ghufron Marzuqi (berbaju hijau) berbaur di tengah-tengah warga Jalan Ikan Mas II Kelurahan Tunjungsekar Kacamatan Lowokwaru Kota Malang (foto: Warga for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Diberi karunia rezeki berlebih oleh Sang Maha Kuasa, nyatanya tidak membuat orang kaya lupa diri. Banyak dari mereka, sebut saja bos Facebook Mark Zuckerberg, yang malah bergaya hidup sederhana meski harta kekayaannya berlimpah. 

Pun demikian dengan sosok pengusaha asal Malang yang satu ini: Ir H Ghufron Marzuqi. Dia salah satu sosok pengusaha sukses di Malang Raya. Ia memiliki bisnis bidang kontraktor yang sukses. Bukan hanya di Malang. Kerajaan bisnisnya merambah Bali dan Makassar. Namun, gaya hidup Ghufron jauh dari kesan wah. 

Baca Juga : Tundukkan Rasa Takut untuk Kemanusiaan, Ini Kisah Bripka Jerry yang Banjir Apresiasi

Hidup sederhana yang dijalani Ghufron bukan hal yang luar biasa. Sebab sebelum dikenal sebagai pengusaha sukses, ia jatuh bangun memulai bisnis. Mulai dari berjualan minyak tanah hingga ikan mujair dilakoni pria kelahiran Madiun ini. 

Sosok Ghufron yang tak berubah meski kini menjadi pengusaha sukses diungkapkan tetangganya, Yeary Prihantoko. Kepada MALANGTIMES, Yeary berkisah bahwa Ghufron juga seorang yang dermawan.

"Saya kenal beliau sejak beliau belum seperti sekarang dan tidak ada yang berubah. Tidak ada bedanya dengan orang biasa seperti kita. Ya biasa kumpul-kumpul bareng seperti ini ya biasa beliau itu," ungkap Yeary yang juga ketua RT 1 RW 7 Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang itu.

Yeary menuturkan ia bertetangga dengan Ghufron sejak tahun 1994 silam. "Beliau orang rantau. Orang Madiun. Istri beliau yang orang asli sini. Warga saya di Jalan Ikan Mas II. Ya dari dulu begitu itu, nggak berubah. Kalau ketemu tetangga, beliau menyapa duluan," imbuh dia. 

(video oleh Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

 

Kesuksesan Ghufron, kata Yeary, bukan malah membuatnya sombong. Yeary mengungkapkan justru Ghufron paling banyak memberikan sumbangan di berbagai kegiatan di RT yang ia pimpin. 

"Ini saya tidak bermaksud melebih-lebihkan lho ya. Kenyataannya beliau ini memang aktif membantu kami disini. Setiap ada kegiatan apa saja beliau selalu menyumbang," tuturnya. 

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Dunia Tepat setelah 40 Hari Kelahiran Anak Pertamanya

Bukan saja kegiatan warga, Yeary menjelaskan ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di wilayah Perumahan Sumpil Permai kini disulap menjadi lebih indah berkat bantuan Ghufron. "Ini dulu peninggalan pengembang. Dibiarkan seperti hutan begitu saja. Akhirnya warga sini bahu-membahu menyumbang untuk dibuatkan area yang lebih layak. Ada jogging track juga juga bantuan dari beliau," pungkas Yeary. (*)

Topik
Pengusaha Asal MalangIr H Ghufron MarzuqiKota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru