Mengapa Pelawak Stand Up Comedy Kenakan Busana Biasa Saja?

Aug 24, 2017 16:17
Stand Up Seru Global TV
Stand Up Seru Global TV

MALANGTIMES - Panggung Stand Up Comedy terbilang unik. Sebab bila aksi lawak umumnya berlatar tempat dan situasi tertentu, maka Stand Up Comedy 'hanya' menyuguhkan aksi tunggal pelawak di atas panggung seorang diri. 

Seni melawak tunggal bukanlah sebuah hal yang baru. Dikutip dari berbagai sumber, ternyata tahun 1950-an sudah muncul pelawak tunggal. Tahun 1953 pelawak Bing Slamet berhasil menjadi juara lomba lawak tunggal kala itu. 

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Meski hanya seorang diri menghibur di atas panggung, pelawak Stand Up Comedy tidak kehilangan kharisma. Ya, para pelawak yang disebut dengan istilah Comic itu tetap saja mampu mengocok perut. 

Menariknya, bila pada umumnya aksi melawak dibalut dalam peran. Anda pasti hafal dengan aksi komedian yang tampil all-out (total) menggenakan kostum yang tak jarang mengundang gelak tawa. Maka, jangan harap Anda menyaksikan mereka tampil dengan aneka dandanan. 

Tidak ada kostum warna-warni. Apalagi riasan tebal sehingga Anda bisa langsung terpingkal-pingkal begitu melihat riasannya saja. 

Jurnalis media online ini lantas mengajukan pertanyaan pada seorang Comic atau Komika asal Malang, Wawan Saktiawan. Mengapa pelawak Stand Up Comedy justru mengenakan pakaian biasa saja saat tampil melawak? 

Komedian berusia 32 tahun itu menjelaskan alasan mengapa komedian Stand Up Comedy berpenampilan selayaknya orang biasa, bahkan seperti seorang penonton acara komedi. 

"Bahkan hal seperti busana yang mengundang tawa itu dilarang karena kita membuat penonton tertawa bukan dari busana tapi dari sebuah jokes," jelas Wawan pada MALANGTIMES. 

Oleh sebab itu, gaya busana seorang komedian Stand Up Comedy di atas panggung juga berkesan biasa saja. Gaya busana itu, kata Wawan, disesuaikan dengan karakter masing-masing komedian.

Wawan sendiri punya ciri khas. Yakni dalam aksi Stand Up Comedy nya, ia kerap kali mengenakan topi. Topi yang ia sebut sebagai topi copet. 

Baca Juga : Enam Gunung Erupsi Nyaris Bersamaan karena Cari Kestabilan Baru

"Kalau saya biasa selalu pakai topi. Orang biasa sebut topi copet. Kalau untuk busana saya tergantung mau tampil dimana. Tapi biasanya saya pakai blazer," jelas Wawan. 

Tampil dalam balutan busana bergaya kasual, komedian Wawan Saktiawan tidak kehilangan pesona. 

Buktinya bersama komedian lain yakni Sadana Agung dan Mamat Alkatiri, Wawan Saktiawan akan mengisi program 'Stand Up Seru Global TV' yang digelar besok (Jum'at, 25/8/2017) di Balai Kartini Kota Malang. 

JATIMTIMES dan MALANGTIMES beruntung sebab kamilah satu-satunya media massa yang dipercaya menjadi media partner acara Stand Up Comedy tersebut. 

Saksikan ulasan di balik keseruan para komedian Stand Up Comedy asal Malang mengocok perut pemirsa hanya di MALANGTIMES. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Stand Up Comedybusana komedian

Berita Lainnya

Berita

Terbaru