Abah Anton melepas peserta gerak jalan 70 tahun Koperasi Indonesia,Minggu (6/8). (Foto: Humas Pemkot for MALANGTIMES)
Abah Anton melepas peserta gerak jalan 70 tahun Koperasi Indonesia,Minggu (6/8). (Foto: Humas Pemkot for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - 600 peserta jalan sehat semarak HUT ke-70 Koperasi dilepas Wali Kota Malang H Moch Anton, Minggu (6/8/2017) di halaman musium Brawijaya Kota Malang. Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Abah Anton ini menitipkan sejumlah pesan penting.

"Semangat kebersamaan dan kegotong royongan yang tercerminkan pada hari ini,  dan memang menjadi nafas dari koperasi,  harus dihidupkan terus," ujar Abah Anton sebelum melepas peserta jalan sehat.

Bagi Abah Anton Koperasi dan UMKM memiliki peran yang sangat stategis dalam membangun perekonomian masyarakat Kota Malang. Untuk itu, pelaku koperasi perlu ditunjang dengan SDM yang memadai. 

"Koperasi dan UMKM merupakan sendi penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan ekonomi kerakyatan. Makanya, harus didorong bersama untuk maju dan terus berbenah dari sisi SDM pengurus,  manajemen,  produk dan pola pemasarannya, " imbuh suami Hj Dewi Farida Suryani ini. 

Sementara itu, Anggota DPRD Propinsi Jawa Timur Sri Untari yang juga Ketua fraksi PDI P, berpesan agar Pemerintah Kota Malang memberikan perhatian lebih kepada koperasi di kota Malang. Sebab, dengan berkembangnya koperasi akan dapat membantu masyarakat melalui program-program ekonomi kerakyatan. 

Gerak jalan semarak HUT ke-70 Koperasi yang digelar oleh Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Kota Malang, juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM jawa Timur Hadi Purnomo, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang,  Tri Widyani dan pengurus Dekopinda Kota Malang.

Acara ini begitu meriah karena selain dihibur oleh artis-artis lokal, para peserta gerak jalan juga memiliki kesempatan memperebutkan satu unit sepeda motor dan puluhan doorprize menarik lainnya.

Semarak HUT koperasi dimeriahkan pula dengan pameran produk unggulan koperasi dan UMKM serta jambore koperasi pelajar.