Hotel di Malang : Hotel Riche, 'Heritage' Peninggalan Belanda yang Tetap Terjaga

Liputan Khusus Hotel di Malang

MALANGTIMES - Banyak hotel mencakar langit di Kota Malang, namun ada satu hotel yang masih mempertahankan ciri khasnya. Kuno dan unik, inilah Hotel Riche.

Hotel yang mulai berdiri tahun 1933 ini punya banyak segudang kisah dengan bangunannya yang tergolong 'lawas' dan berarsitektur Belanda itu. Sebelum jadi hotel, bangunan tersebut awalnya merupakan asrama untuk para tentara Belanda.

Sedikit saya akan bagikan cerita tentang perjalanan Hotel Riche. Hotel yang bertema 'Heritage' itu dulu pemiliknya adalah seorang berkewarganegaraan Belanda.

Dan entah bagaimana ceritanya, akhirnya hotel tersebut kemudian dibeli oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa bernama Oey Pek Hong pada 1975. Oey yang mempunyai nama Prof Dr Juwana Hardjawijaja saat itu adalah jaksa tinggi di Kota Malang. 

Hotel di Malang , Hotel Riche Heritage Malang
 

Dengan dedikasinya yang sangat tinggi untuk mengembangkan usaha hotelnya itu, akhirnya nama Oey dipakai sebagai nama cafe di hotel itu. Dan lahirlah nama Cafe Oey.

Seiring berjalannya waktu, hotel itu turun temurun diteruskan oleh anaknya. Pada Oktober 2014 hotel yang terletak di Jalan Basuki Rahmat No. 1 Kota Malang itu direnovasi. Tapi jangan salah, renovasi tersebut hanya di bagian depannya saja, tepatnya yakni di bagian lobby dan cafe. Arsitektur klasik masih tetap dipertahankan. Dengan keaslian arsitekturnya inilah, Hotel Riche menjadi salah satu hotel yang memikat untuk dikunjungi dan dijadikan jujugan untuk menginap.

Untuk bagian room kamar, tetap mempertahankan ciri khasnya yang kuno. Setelah renovasi selesai, akhirnya Cafe Oey yang ada dilingkup Hotel Riche resmi dibuka pada 1 September 2015. Acara peresmian tersebut dihadiri keluarga besar Oey kala itu.

Top