Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hebohnya Lomba Karapan Kambing di Kecamatan Wonosalam

Penulis : Mardiansyah Triraharjo - Editor : Redaksi

23 - Aug - 2015, 11:42

SEMANGAT: Aksi para joki dalam lomba karapan kambing etawa yang berlangsung di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam. (Mardiansyah/JOMBANGTIMES)
SEMANGAT: Aksi para joki dalam lomba karapan kambing etawa yang berlangsung di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam. (Mardiansyah/JOMBANGTIMES)

JATIMTIMES, JOMBANG – Karapan atau perlombaan pacuan biasanya identik dengan hewan sapi. Tak hanya itu, jenis perlombaan tersebut selama ini juga dianggap hanya ada di Madura. Namun di kaki Gunung Anjasmoro, tepatnya di Dusun Goncang, Desa Carangwulung, Wonosalam, punya jenis lain dari karapan, yakni dengan menggunakan hewan kambing.

Minggu (23/8/2015) pagi tadi, puluhan kambing beradu kecepatan dalam perlombaan yang digelar untuk memperingati HUT ke 70 kemerdekaan Republik Indonesia.

Agus Widodo, ketua panitia lomba pacu kambing,  mengatakan, hanya kambing berjenis Etawa yang boleh menjadi peserta lomba. “Para joki kambing bukan hanya orang dewasa, anak anak pun boleh ikut. Bahkan ada yang masih berstatus siswa SMP ikut jadi peserta,” kata Agus.

Saat perlombaan berlangsung, gelak tawa penonton pecah ketika melihat kambing yang dipacu keluar lintasan dan menabrak penonton. Kehebohan juga terlihat ketika joki terjatuh karena tak mampu mengendalikan kecepatan.

“Peserta harus berlatih dengan kambing sebelum berlomba. Karena dengan itu kambing bisa menjadi terbiasa dan mudah dikendalikan,” tambahnya.

Dirinya menyatakan, karapan kambing Etawa memang digelar untuk memotivasi peternak yang ada di Wonosalam. “Karena sebagian besar warga disini adalah peternak kambing Etawa. Selain itu juga untuk menarik minat wisatawan masuk ke Wonosalam,” pungkas Agus. (*)


Topik

Peristiwa HUT-ke-70-RI


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mardiansyah Triraharjo

Editor

Redaksi