Wow, Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Malang Capai 5,8 Juta

Pantai Gatra, Desa Tambak Rejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang salah satu tempat wisata pantai yang memiliki keindahan dan keeksotisan alam (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Pantai Gatra, Desa Tambak Rejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang salah satu tempat wisata pantai yang memiliki keindahan dan keeksotisan alam (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang kian menggencarkan potensi beragam wisata yang ada di wilayah berjuluk 'The Heart of East Java' tersebut. Usaha tersebut berbuah manis, jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara setiap tahunnya meningkat dari tahun 2015 hingga 2016 mencapai 1,5 juta wisatawan per tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun MalangTIMES di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang tercatat jumlah kunjungan tahun 2015 sebanyak 3.251.367 juta orang. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2016 mencapai 5.849.544 juta orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan untuk wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Malang tahun 2016 tercatat 3.561.221 juta wisatawan nusantara dan 99.873 ribu wisatawan mancanegara.

Sedangkan tahun 2016 itu ada 5.719.881 juta wisatwan nusantara dan 129.663 ribu wisatawan mancanegara.

"Jadi setiap tahun jumlah kunjungan wisataawan di Kabupaten Malang meningkat 1,5 jutaan orang atau sekitar 26 persen. Tahun ini ditargetkan jumlah kunjungan sekitar 30 sampai 35 persen," kata Made Arya kepada MalangTIMES.

Lebih lanjut Made menjelaskan untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara tahun 2013 sebanyak 2.550.248 juta orang dan wisatawan mancanegara 33.226 ribu orang dengan total keseluruhan 2.550.474 juta orang per tahunnya.

Kemudian, tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 3.251.367 juta orang terdiri dari 3.170.575 juta wisatawan nusantara dan 80.792 ribu wisatawan mancanegara.

"Potensi wisata di Kabupaten Malang yang sedang dijual adalah wisata pantai. Karena, berdasarkan data yang ada bahwa jumlah pantai sekitar 91 obyek wisata pantai. Namun, data pembanding dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kantor Perhutani Malang jumlah tempat wisata pantai, lebih dari yang dimiliki, yakni sebanyak 101 obyek wisata," terangnya.

"Perlu diketahui potensi wisata di Kabupaten Malang terus dibranding promosi ke wisatawan domestik maupun mancanegara oleh Bupati Malang, Rendra Kresna, lantaran memiliki keeksotisan tersendiri dibandingkan dengan beberapa daerah di Indonesia,” ucap Made.

Disamping itu, dengan meningkatnya jumlah wisatawan per tahunnya itu, Pemerintah Kabupaten Malang kian getol melakukan terobosan dengan menggencarkan promosi potensi wisata di Kabupaten Malang.

"Promosi yang digencarkan melalui berbagai media sosial dengan mengadakan event-event berskala nasional maupun internasional seperti lomba surfing, pameran wisata ke berbagai daerah dan event lainnya," ujarnya.

Dimana pantai Kabupaten Malang punya pantai yang indah yang wajib dikunjungi diantaranya Pantai Tiga Warna, di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang tak kalah menarik dengan Pantai Raja Ampat, Papua.

Kemudian, Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur juga tak kalah indahnya dengan Pantai Sanur yang ada di Bali.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top