Karet Kebo dari India Ini Diyakini Mampu Obati Penyakit Stroke

Tanaman Karet Kebo yang diyakini bisa sebagai obat stroke (Foto : Istimewa)
Tanaman Karet Kebo yang diyakini bisa sebagai obat stroke (Foto : Istimewa)

MALANGTIMESFicus Elastica, begitulah nama ilmiah karet kebo asal  India  yang diyakini memiliki khasiat dalam menyembuhkan  penyakit stroke dan berbagai gangguan penyakit kulit, mag, rematik sendi dan mampu melancarkan peredaran darah serta menghilangkan sakit.

Karet Kebo adalah tanaman dengan ciri berdaun besar dan lebar berwarna merah hati saat muda dan hijau tua saat daunnya telah dewasa. Memiliki akar tunggang sekaligus akar gantung seperti pada tanaman satu marganya.

Sebagai obat, Karet Kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral serta memiliki bahan kimia di dalamnya, baik berupa senyawa karet, saponin, flavonoid, dan polifenol.

"Kebo karet sangat berkhasiat bagi kesehatan apabila rutin dikonsumsi. Bahkan diyakini mampu menyembuhkan stroke. Karena itu kami tampilkan dalam lomba olah produk Dinas Pertanian ini,"kata Suliatini yang diutus sebagai duta lomba dari Pagak ini.

Suliatini bersama rekannya mengolah daun karet kebo menjadi minuman yang disajikan bagi tim juri dan tamu dalam acara gelar olah produk, (07/12).

"Pengolahannya mudah mas. Daun karet kebo dicincang lalu dijemur. Setelah itu dimasak dengan tiga gelas air dengan panci tanah liat," terangnya yang melanjutkan air rebusan daun karet kebo diminum dua kali secara rutin selama seminggu.

"Tiga gelas air yang direbus tadi nantinya menjadi 1,5 gelas. Ini untuk pengobatan stroke,"imbuh Suliatini.

Selain daunnya yang berkhasiat, akar dan batang Karet Kebo juga bisa dipergunakan sebagai obat.

"Akarnya bisa untuk mengobati bisul, maag, amenorrhoea sekunder dan rematik sendi,"kata Farida yang juga menjelaskan cara mengolahnya adalah cuci akar lalu giling halus.

"Tambahkan sedikit air dan aduk hingga jadi bubur, lalu bubuhkan pada area yang sakit,"lanjutnya.

Untuk maag, rematik sendi, amenorrhoea sekunder caranya direbus dan nantinya diminum.

"Batangnya juga bisa jadi obat dengan cara disadap hingga keluar getahnya untuk dioleskan pada bagian yang sakit," pungkas Farida.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Akhmad Prayogi
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top