Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sampah Liburan Lebaran Tembus 110 Ton per Hari

Penulis : Galuh Pandu Larasati - Editor : Redaksi

14 - Jul - 2016, 11:10

MENUMPUK: Seorang pemulung mengangkut sampah plastik di TPA Kota Batu, Rabu (13/7/2016). (Galuh Pandu Larasati/BatuTIMES)
MENUMPUK: Seorang pemulung mengangkut sampah plastik di TPA Kota Batu, Rabu (13/7/2016). (Galuh Pandu Larasati/BatuTIMES)

KOTABATU - Pesatnya perkembangan Kota Batu sebagai destinasi wisata diikuti dengan kenaikan volume sampah. Setiap tahun, terlebih pada saat musim liburan, volume sampah di Kota Batu naik 30-40 persen.

Bila pada hari-hari biasa volume sampah mencapai 80 ton per hari, saat liburan bisa meningkat sampai 110 ton dalam sehari. Termasuk liburan Lebaran 2016 ini.

”Kenaikan volume sampah antara 30 sampai 40 persen setiap tahun. Apalagi saat liburan pengunjung datang ke Kota Batu luar biasa banyak,” ungkap Mawardi, Kabid Kebersihan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Batu, sepekan lalu.  

Menurutnya, semakin tahun penduduk bertambah, bangunan, objek wisata juga bertambah. Itu adalah aspek-aspek penyebab meningkatnya volume sampah di Kota Batu.

Titik penumpukan sampah terbanyak, menurut Mawardi, ada di kawasan perhotelan, pusat perbelanjaan, pasar, wilayah perkotaan seperti alun-alun, pemukiman penduduk, dan tempat wisata.

Mengatasi hal tersebut, DCKTR selalu siap sedia mengumpulkan dan mengangkut sampah-sampah ke TPA.

”Tugas DCKTR mengondisikan sampah yang ada. Kalau sampah di pemukiman penduduk merupakan tanggung jawab lurah/kepala desa sampai RT/RW setempat. Mau dibuat bank sampah atau apa itu terserah cara masing-masing desa mengurangi sampah," jelas Mawardi.

Dengan terus melambungnya volume sampah itu, maka Pemkot Batu mengimbau agar pedagang kaki lima dan masyarakat serta wisatawan membuang sampah pada tempatnya. ”Jangan sembarangan sembarangan. Mari sama-sama menjaga kebersihan siang dan malam," tandasnya.(*)


Topik

Peristiwa kotabatu sampahlebaran wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Galuh Pandu Larasati

Editor

Redaksi