Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Viral, Radang Tenggorokan di Jerman Malah Disuruh Makan Es Krim, Emang Boleh?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

03 - Feb - 2023, 08:50

Pria WNI di Jerman yang menjelaskan dokter di Jerman meminta pasiennya makan es krim saat radang tenggorokan (foto: @hdig33)
Pria WNI di Jerman yang menjelaskan dokter di Jerman meminta pasiennya makan es krim saat radang tenggorokan (foto: @hdig33)

JATIMTIMES - Sebuah video beredar di TikTok memperlihatkan seorang pria WNI yang tengah tinggal di Jerman. 

Dalam unggahannya Tiktok @hdig33, Dia mengaku sakit radang tenggorokan. Namun saat datang ke dokter, Ia malah disuruh makan es krim. 

"Salah satu keanehan dokter di Jerman adalah ketika loe sakit radang tenggorokan, loe malah disuruh makan es krim, ngga akan dikasih obat apa-apa, malah disuruh teh, banyak tidur dan vitamin," ujar akun tersebut. 

"Trus gue bilang, bukannya makan es krim ga sembuh-sembuh ya, tambah pilek. Lalu dokternya menjawab radang itu panas, terus didinginin supaya cepat sembuh," sambungnya.  

Sontak unggahan akun itu pun menyita perhatian warganet. Hingga Jumat (3/2), 1,7 juta melihat video ini, kemudian 154,3 ribu menyukai dan 5 ribu komentar. 

"Di kaka sepupu gue jg sakit demam panas dalam ga sembuh2 dokternya bule tapi di RS Indo sama kakak gue disuruh minum es krim juga, dan bener kakak gue sembuh," @Ik**

"Gue adalah salah satu orang batuk pikek radang makannnya yang dingin2 dan sembuh," @Drakor Recom***

"Es krim di Jerman kayaknya ingredientnya bagus, kalau di Indo kayaknya malah makin gatal tenggorokan. Mungkin hanya berlaku disana kak," @fardilks**

Lantas, benarkah radang tenggorokan justru akan sembuh apabila makan es krim?

Melansir laman Hello sehat yang ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto, makanan atau minuman dingin termasuk es krim atau es loli ternyata direkomendasikan untuk meringankan sakit karena radang tenggorokan. 

Sebuah artikel yang diterbitkan pada 2013 silam oleh Prof. Ron Eccles menjelaskan, es loli menurunkan temperatur pada ujung saraf dalam tenggorokan, sehingga mengurangi rasa nyeri.

Es krim dapat menjadi pilihan makanan untuk meredakan nyeri karena membuat tenggorokan mati rasa dan meringankan nyeri saat radang tenggorokan untuk sementara. Es krim juga merupakan salah satu makanan yang tidak menyebabkan iritasi ketika sakit tenggorokan.

Bahkan, es krim dapat menjadi sumber kalori tambahan ketika Anda kesulitan untuk mengonsumsi sumber protein dari makanan lain. Jika Anda memiliki intoleransi atau alergi terhadap susu, jenis es krim tanpa susu seperti sorbet dan es loli dapat menjadi pilihan karena dapat memberikan efek yang sama.

Hanya saja, lebih baik kalian pilih jenis es krim yang tidak memiliki kacang, potongan biskuit atau tambahan lainnya yang mungkin menyulitkan untuk ditelan atau mengiritasi tenggorokan. Dan tidak memilih es krim yang terlalu manis karena mengandung karamel juga dapat memperburuk radang tenggorokan.

Meski begitu, selain es krim, makanan dan minuman hangat juga dapat memberikan efek yang sama.

Selain itu, makanan lembut dan yang mudah ditelan biasanya aman untuk dikonsumsi ketika radang tenggorokan. Tekstur yang lembut dapat membatasi iritasi yang terjadi ketika Anda menelan makanan.

Beberapa jenis makanan yang mungkin dapat dipilih seperti berikut ini. 

- Sereal seperti oatmeal yang dimasak dengan air hangat

- Puding atau agar-agar

- Yoghurt tawar atau dicampur dengan buah

- Sayuran yang sudah dimasak

- Smoothies buah atau sayur

- Jus buah yang tidak asam, seperti jus apel atau alpukat

Menurut dr. Carla, mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu kalian untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa menyebabkan iritasi pada tenggorokan.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya