Malangtimes

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mempercepat Proses Persalinan? Ini Jawabannya

Jan 16, 2023 12:42
Ilustrasi wanita hamil. (Foto dari internet)
Ilustrasi wanita hamil. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Banyak rumor yang beredar bahwa makanan pedas bisa memicu kontraksi dan mempercepat proses persalinan. 

Rumor itu banyak dipercayai oleh ibu-ibu hamil. Bahkan banyak ibu-ibu hamil yang memakan makanan pedas saat ibu hamil tersebut tidak kunjung menunjukkan tanda melahirkan, padahal waktunya sudah tiba.

Kepercayaan terhadap rumor tersebut disebabkan karena makanan pedas bisa membuat perut mulas dan dipercaya merangsang kontraksi tanda melahirkan.

Bahkan, makanan pedas juga bisa melepaskan hormon prostaglandin melalui proses pencernaan dan hal itulah yang dipercaya bisa membuat kontraksi pada rahim sehingga proses persalinan bisa berjalan dengan cepat.

Namun ternyata, dikutip dari Instagram @tanya_dokter, teori semacam itu ditolak mentah-mentah oleh para dokter. Dan makanan pedas itu tidak ada kaitannya dengan cepatnya proses persalinan. 

Meski tidak ada kaitannya dengan kontraksi persalinan, para ibu-ibu hamil tetap bisa menikmati makanan pedas favoritnya asal dengan porsi normal dan tidak berlebihan.

Sementara, untuk meningkatkan kontraksi menjelang hari persalinan, ibu-ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

Nanas

1

Buah nanas segar mengandung enzim yang sering kali disebut Bromelain. Nah, kandungan enzim ini sangat sulit ditemukan di jenis makanan dan buah lainnya. Bromelain akan membantu para ibu hamil untuk meregangkan leher rahim dan merangsang otot-otot halus yang digunakan saat persalinan.

Pepaya Muda

2

Pepaya mentah yang masih berwarna hijau sangat kaya akan enzim papain. Sementara daun pepaya mengandung lateks yang berfungsi sebagai prostaglandin dan oksitosin yang dapat membantu para ibu hamil mulai merasakan kontraksi. 

Semakin matang pepaya yang dikonsumsi, semakin banyak papain yang hilang. Inilah kenapa memakan pepaya matang tidak akan memberikan efek apa pun terhadap proses persalinan.

Minyak Jarak

3

Minyak jarak yang diekstrak langsung dari biji-bijiannya telah dipercaya selama berabad-abad untuk menginduksi persalinan secara alami. Meskipun sangat aman untuk diminum oleh ibu hamil, ada sedikit kasus dari konsumsi minyak jarak yang menyebabkan mual dan diare yang akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman pada saat proses persalinan.

Kurma

4

Kurma secara alami tinggi serat, dan peningkatan jumlah serat secara tiba-tiba dapat menyebabkan kram dan masalah pencernaan. Hal ini menyebabkan adanya kemungkinan efek makan kurma ekstra setiap hari mirip dengan efek makan banyak makanan pedas saat hamil dalam membantu induksi alami.

Bawang Putih

5

Selama konsumsi bawang putih tidak menyebabkan gangguan pencernaan, bumbu dapur ini efektif dalam menginduksi persalinan. Bawang putih dapat merangsang usus, membantu mengosongkannya yang dapat membantu memulai persalinan. Hal ini terjadi karena bawang putih mengandung antioksidan yang memiliki efek antiinflamasi pada sistem pencernaan secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru