Malangtimes

Wanita atau Laki-laki yang Paling Banyak Menghuni Surga?

Jan 12, 2023 09:02
Ilustrasi surga (pixabay)
Ilustrasi surga (pixabay)

JATIMTIMES - Jika banyak disebutkan dalam banyak dalil penghuni neraka lebih banyak kalangan wanita, lantas, siapa kalangan penghuni surga yang paling banyak? Apakah kaum wanita atau laki-laki?

Diolah dari Islam Pos, Hadist Rasulullah SAW, kaum wanitalah yang nantinya juga paling banyak di surga kelak. 

Sebelumnya, para Tabi'in bertanya kepada Abu Hurairah, apakah perempuan di surga lebih banyak dibandingkan laki-laki. Kemudian dijawab Rasulullah, "Bahwa setiap laki-laki yang masuk ke dalam surga, maka mereka mempunyai dua istri" (HR. Muslim).

Hadist ini dijelaskan Ustadz Ahmad Zainuddin dalam kajian rutin untuk muslimah di jaringan kanal muslim, bahwa perempuan di surga akan lebih banyak. Tetapi hadist lainnya 
berbeda pendapat, sesuai hadist Bukhari dan Muslim, bahwa para lelaki lebih banyak dibandingkan para perempuan.

"Bahwasanya mereka adalah penghuni neraka yang paling banyak.” (HR. Muslim)

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalan menyampaikan, jika perempuan menjadi penghuni neraka terbanyak, maka tidak harus menjadi penghuni surga yang paling sedikit. Perempuan lebih banyak penciptaannya dibandingkan lelaki.

Hadist Abu Hurairah tersebut menunjukkan jika perempuan di surga lebih banyak, baik itu perempuan dunia maupun perempuan akhirat.

Lantas, mana yang lebih banyak di dalam surga?

Laki-laki dari penghuni dunia yang masuk ke dalam surga atau perempuan dari penghuni dunia yang masuk ke dalam surga?

Imam Al-Qurthubi menanggapi ini. Perempuan lebih banyak masuk ke dalam neraka sebelum terjadinya syafa’at dan sebelum keluarnya ahli tauhid dari api neraka. Jika mereka keluar dengan syafaat dan Rahmat Allah SWT, perempuan tersebut menjadi penghuni surga yang paling banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru