Malangtimes

Kelompok KKM UIN Malang Tanamkan Karakter Lewat Proker Strategis

Jan 07, 2023 19:21
Program kerja strategis dari KKM UIN Malang (Ist)
Program kerja strategis dari KKM UIN Malang (Ist)

JATIMTIMES - Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang di berbagai lokasi, dilakukan dengan melaksanakan Program Kerja (Proker) strategis yang membawa kebermanfaatan, khususnya dalam dunia pendidikan.

Seperti yang dilakukan Kelompok KKM 204 Kelompok KKM ini membuat media pembelajaran matematika yang dikhususkan untuk siswa jenjang SD. Media pembelajaran ini diaplikasikan pada siswa kelas enam di SDN 2 Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

2

Muhammad Arif, salah satu anggota kelompok KKM 204 menjelaskan, bahwa adanya media pembelajaran ini disambut antusias para siswa. Terlebih, pihaknya melihat jika para siswa ini begitu antusias dalam pelajaran matematika.

Media pembelajaran tersebut memberikan wawasan pada siswa guna membantu siswa memahami konsep bangun ruang menggunakan sebuah kerangka yang mudah dibongkar-pasang.

"Jadi agar mereka semakin mudah memahami, kami inisiatif untuk membuat sebuah media pembelajaran," jelasnya.

Media pembelajaran bangun ruang dibuat menggunakan tusuk sate. Tusuk sate tersebut direkatkan dengan plastisin sehingga membentuk sebuah ruang. Dengan media pembelajaran yang berbeda, tentu antusias belajar para siswa pun akan meningkat.

Selain itu, media pembelajaran ini mempermudah siswa dalam memvisualisasikan atau mengimajinasikan bentuk bangun ruang. Merekapun dapat menyusun dan melihat secara langsung bagaimana bentuk bangun ruang tersebut. 

"Ini membantu siswa mevisualisasikan bangun ruang tiga dimensi. Alhamdulillah para guru juga sangat suportif dan memberikan ruang untuk kami dapat memberikan materi pembelajaran yang kreatif," paparnya.

Selain itu, penanaman karakter cinta lingkungan dan cinta tanah air juga menjadi perhatian kelompok KKM UIN Malang. Seperti halnya yang dilakukan Kelompok KKM 14. Kelompok KKM 14 itu melakukan pendidikan karakter cinta lingkungan dengan melakukan reboisasi di sekitar sekolah SDN Landungsari II. 

Di sana, para mahasiswa melakukan penanaman tanaman-tanaman hias. Selain menghijaukan kawasan sekitar sekolah, tanaman hias nantinya juga akan memperindah lingkungan sekolah, sehingga sekolah pun juga semakin nyaman.

1

Kelompok KKM 14 juga menanamkan karakter pelajar Pancasila pada siswa. Melalui kegiatan senam bersama dan perlombaan yang diselenggarakan, para siswa diajak untuk memahami kebersamaan maupun gotong royong.

Selain itu, Kelompok KKM 14 juga menginisiasi proker finger painting di atas kanvas putih menggunakan variasi warna cat. Lewat kegiatan ini, para siswa diajarkan untuk menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dan memiliki sikap saling menghargai, toleransi terhadap sesama meskipun memiliki banyak perbedaan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru