Malangtimes

Tinggalkan Demokrat, Mantan Gubernur Jatim Pakde Karwo Kembali ke Golkar 

Jan 04, 2023 16:05
Mantan Gubernur Jatim Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo (foto: liputan6)
Mantan Gubernur Jatim Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo (foto: liputan6)

JATIMTIMES - Mantan Gubernur Jawa Timur (2009-2019) Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo dikabarkan meninggalkan Partai Demokrat dan kembali ke Partai Golkar. 

Kabar tersebut disampaikan oleh menantunya Bayu Airlangga, yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jatim Bidang UMKM. Menurut Bayu, mertuanya itu sudah masuk golkar sejak November lalu. 

Pernyataan Bayu tersebut juga dibuktikan dengan lampiran surat keputusan (SK) dengan nomor SKEP-492/DPP/Golkar/XI/2022 tertanggal 22 November 2022. 

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengonfirmasi kabar kembalinya Pakde Karwo ke Golkar. "Pakde Karwo sebagai tokoh senior yang juga saat ini diberikan mandat dan tugas Presiden di dalam Dewan Pertimbangan Presiden, telah memutuskan untuk bergabung ke Partai Golkar, yang juga asal mula beliau mengawali politik," ujar Dave dilansir Kompascom pada Rabu (4/1/2023).

Golkar pun menyambut baik keputusan dari Pakde Karwo. Pihak Golkar memberikan jabatan sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar. 

Dave melanjutkan bahwa semangat, pengetahuan dan pengakaman Pakde Karwo akan memberikan pengaruh terhadap kemenangan Partai Golkar di Pemilu 2024. 

Meski begitu, Partai Demokrat, melalui Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron mengaku belum menerima surat pengunduran diri Pakde Karwo hingga saat ini. 

"Pakde Karwo memang sudah tidak aktif di Partai Demokrat sejak pemilu 2019 karena menjadi komisaris BUMN. Jika saat ini bergabung di partai lain saya tak tahu, karena taka ada surat pengunduran dirinya," ujarnya. 

Herman juga menyebut bahwa komunikasi personal dengan Pakde Karwo juga baik-baik saja. Hanya saja Ia menyinggung soal status Pakde Karwo yang merupakan dewan komisaris BUMN. Pasalnya diketahui bahwa komisaris di BUMN tak boleh berpartai. 

Melansir Wikipedia, berikut ini riwayat jabatan Pakde Karwo dalam pemerintahan Indonesia. 

• Kepala Cabang Dinas Pendapatan Surabaya Selatan (1983–1994)

• Kepala Subdinas Perbankan, Dinas Pendapatan Surabaya (1994–1997)

• Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (1997–2003)

• Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (2003–2008)

• Komisaris Utama Bank Jawa Timur (2005–2009)

• Gubernur Jawa Timur (2009–2019)

• Komisaris Utama PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) (2019–Sekarang)

• Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (2019–Sekarang)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru