Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Daftar Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak di Dunia, Ada Favoritmu?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

30 - Dec - 2022, 14:32

Gambar media sosial. (Ist)
Gambar media sosial. (Ist)

JATIMTIMES - Perkembangan platform media sosial saat ini kian beragam. Bahkan, jenis-jenis platform media sosial mempunyai penggemar atau pengguna tersendiri.

Laporan dari We Are Social dan Hootsuite, sepanjang 2022 
berbagai macam jenis media sosial digunakan oleh jutaan hingga miliaran pengguna.

Lantas, berapa banyak jumlah pengguna dan apa media sosial yang menduduki peringkat pertama sebagai media sosial yang banyak digunakan? Yuk simak informasinya yang diolah dari laporan We Are Social dari laman resminya.

Dari laporannya, media sosial peringkat pertama yang banyak digunakan adalah Facebook. Facebook telah digunakan nyaris 3 miliar pengguna atau tepatnya 2,9 miliar pengguna. Jumlah tersebut saat ini juga diprediksi terus naik.

Pada posisi kedua, media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah YouTube. Media sosial berbasis video ini telah digunakan oleh 2,51 miliar pengguna.  

Kemudian aplikasi perpesanan WhatsApp, yang juga merupakan milik Meta, induk dari Facebook, telah digunakan oleh 2 miliar pengguna. 

Posisi keempat diisi oleh Instagram dengan jumlah pengguna 1,38 miliar. Urutan selanjutnya, ada We Chat dengan jumlah 1,29 miliar pengguna. Disusul TikTok yang saat ini naik daun dengan pengguna aktif sebanyak 1 miliar. 

Selanjutnya ada Facebook Messenger yang digunakan 976 juta pengguna, Telegram digunakan 700 juta pengguna, dan Douyin 613 juta pengguna.

Media sosial Kuaishou digunakan oleh 587 juta orang. Disusul Weibo dengan 582 juta pengguna. Snapchat digunakan 576 pengguna dan QQ digunakan oleh 569 pengguna.

"China adalah rumah bagi sekitar 20 persen dari total pengguna internet dunia. Jadi, tidak mengherankan jika pengguna media sosial negara tersebut memiliki dampak yang begitu besar pada peringkat global ini," kutip dari laman We Are Social.

Sedangkan Twitter, yang diketahui telah dibeli oleh orang terkaya dunia Elon Musk, digunakan oleh 544 juta pengguna. Selanjutnya ada Pinrest yang digunakan 433 juta pengguna.

Sementara itu, dari laporan Oktober 2022, jumlah pengguna aktif penggunaan media sosial di dunia sebanyak 4,74 miliar. Jumlah ini sama dengan 59,3 persen dari total populasi global. Setiap orang menggunakan media sosial menghabiskan waktu berjam-jam.

 


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni