Malangtimes

Punya Program Intensif Bahasa Arab Terlama, UIN Maliki Malang Raih Rekor MURI 

Dec 28, 2022 14:12
Rektor UIn Malang Prof Zainuddin MA menerima penghargaan rekor MURI atas program intensif bahasa Arab terlama (Ist)
Rektor UIn Malang Prof Zainuddin MA menerima penghargaan rekor MURI atas program intensif bahasa Arab terlama (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menutup akhir tahun 2022 dengan torehan yang gemilang. 

UIN Maliki Malang  menerima penghargaan dari museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Rabu (28/12/2022).

Rekor tersebut dianugerahkan kepada Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maliki Malang. Anugerah tersebut didapatkan atas Rekor Program Intensif Bahasa Arab Terlama Sejak Tahun 1997 di Perguruan Tinggi se-Indonesia. 

Piagam tersebut diserahkan langsung pihak MURI yang diwakili Sri Widayati dan diserahkan langsung kepada Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr H Zainuddin MA didampingi dan didampingi Kepala PPB UIN Malang Prof Dr H M Abdul Hamid MA di UIN Malang.

1

"Terhitung sudah 25 tahun atau seperempat abad UIN Maliki Malang telah menjalankan program intensif Bahasa Arab secara rutin sampai kemudian menghasilkan para lulusan yang benar-benar memiliki kompetensi bahasa," jelasnya ditemui di Hotel Ijen Suite..

Lebih lanjut, PBB UIN Maliki Malang tidak hanya mempelajari Bahasa Arab saja, namun juga mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia untuk penutur asing. 

"Kita akan mengembangkan lagi bahasa Mandarin dan bahasa lainnya. Pendidikannya berasal dari baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri," jelasnya.

Dari program ini juga berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis kontekstual dilengkapi dengan pembelajaran Bahasa Arab interaktif mengunakan teknologi dan yang berciri khas 3M yakni memudahkan, menyenangkan dan membisakan. 

"Harapannya ini memacu para pendidik untuk lebih semangat dalam meningkatkan pembelajarannya ," terangnya.

Program ini, menjadi program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai Prodi dan dibina langsung oleh dosen profesional. Program ini sendiri tentunya juga tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lain, sehingga menjadi nilai tambah bagi UIN Maliki Malang.

"Wajib diikuti seluruh mahasiswa baru dari berbagai prodi setiap hari Senin-Jum’at," paparnya.

Kepala PPB UIN Maliki Malang Prof Dr H M Abdul Hamid MA menambahkan, program ini telah lama ada di UIN Maliki Malang sejak 1997 hingga saat ini. Adanya program ini, tentunya untuk membekali mahasiswa kemampuan berbahasa asing. 

“Program ini bertujuan membekali kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Arab," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan MURI Sri Widayati menyampaikan, jika prestasi ini bukan prestasi yang pertama kali diraih UIN Maliki Malang. Sejak kepemimpinan Prof Imam Suprayogo, UIN Maliki Malang telah mencatatkan prestasi. 

Seperti rektor yang menulis artikel di website terlama dalam kurun waktu satu tahun tanpa jeda pada Juni 2009, 
resensi buku dengan judul terbanyak yakni 2 ribu judul buku pada September 2011. 

Kemudian, catatan rekor usai menulis artikel di website terlama selama tiga tahun tanpa jeda, hingga bedah buku terlama selama 25 jam non-stop rektor oleh mantan rektor periode 2013-2017 Prof Dr H Mudjia Radardjo MSi pada Juni 2014.

"Kami juga ikut bangga memberikan anugerah ini, atas Program Intensif Bahasa Arab Terlama sejak 1997 hingga saat ini masih berjalan selama 25 tahun," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru