Malangtimes

Meski Ditetapkan Berumur 1000 Tahun, Mengapa Malaikat Maut Mendatangi Nabi Adam di Umur 940 Tahun?

Dec 22, 2022 09:57
Ilustrasi manusia pertama (pixabay)
Ilustrasi manusia pertama (pixabay)

JATIMTIMES - Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang ada di bumi yang diciptakan Allah SWT. Beberapa pendapat, seperti yang dijelaskan Imam Ibnu Katsir dalam Qashash Al-Anbiyaa yang diterjemahkan oleh Dudi Rosyadi. Nabi Adam AS, berumur 1000 tahun. 

Namun, saat memasuki usia 940 tahun, Nabi Adam didatangi Malaikat Maut. Lantas mengapa Nabi Adam didatangi Malaikat Maut sebelum usia ketetapan Allah SWT?.

Diolah dari beberapa sumber, seperti detik dan lainnya, setelah beliau ditinggal di surga, beliau tinggal di bumi. Dan Allah pun juga telah menetapkan umur beliau. Ibnu Katsir menjelaskan jika Nabi Adam mengetahui usia yang ditetapkan baginya yakni 1000 tahun. Dan beliau pun juga menghitung dengan seksama. 

Diriwayatkan Ibnu Hibban, suatu hari Nabi Adam didatangi oleh Malaikat Maut di usia 940 tahun. Nabi Adam pun langsung mengatakan  kepada Malaikat Maut, jika kedatangannya terlalu cepat. "Kamu terlalu cepat datang, karena usia yang ditetapkan bagiku adalah seribu tahun lamanya."

Malaikat Maut yang kedatangannya dianggap terlalu cepat, kemudian berkata kepada Nabi Adam, jika ia memiliki alasan mengapa datang lebih awal. Iapun tak menyalahkan Nabi Adam atas umurnya yang telah ditetapkan 1000 tahun.
 Malaikat Maut berkata,"Memang benar (umur Nabi Adam 1000 tahun), namun engkau telah menyisihkan enam puluh tahun dari usiamu untuk menambah usia salah satu keturunanmu, Dawud". 

Namun, Nabi Adam pun tak mengakuinya. Hingga kemudian penyakit ingkar itu menurun kepada anak cucunya. Kala itu. Ia juga tak mengingat atas apa yang ia janjikan sebelumnya. 
Hal itupun juga menurun kepada anak cucunya. 

Sebelumnya, dalam riwayat Nabi Adam memohon untuk kepada Allah SWT agar keturunannya Dawud usianya ditambah 60 tahun dan mengambil dari jatah usia Nabi Adam.

Allah SWT pernah memperlihatkan seluruh keturunan Nabi Adam melalui telapak tangan-Nya. Adam kemudian bertanya, siapa mereka. Allah SWT pun menjawab jika mereka adalah keturunan Adam.

Dari yang Nabi Adam lihat, setiap manusia telah tertulis umur yang ditetapkan. Namun diantara keturunannya, salah satunya terdapat yang paling bersinar, namun hanya berumur 40 tahun usianya. Nabi Adam AS bertanya, "Ya Tuhanku, siapakah orang ini?"

Allah menjelaskan kepada Nabi Adam, jika ia adalah salah satu keturunannya. Allah SWT telah menetapkan usia baginya hingga 40 tahun. Lalu, Adam AS berkata, "Ya Tuhanku, tambahkanlah umurnya."

Allah SWT menegaskan kepada Adam, jika umur Itu sudah menjadi takdir baginya. Adam kemudian berkata," "Aku akan menyisihkan enam puluh tahun dari usiaku untuk menambah usianya". Allah kemudian mengatakan kepada Adam, jika permintaannya diterima dan meminta Adam segera tinggal di Surga. Wallahualam Bissawab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru