Malangtimes

Politisi Akbar Faizal Kritisi Gelar Letkol Tituler Deddy Corbuzer

Dec 12, 2022 13:06
YouTuber Deddy Corbuzer mendapatkan pangkat Letkol Tituler dari Menhan Prabowo Subianto (foto: Instagram Deddy Corbuzer)
YouTuber Deddy Corbuzer mendapatkan pangkat Letkol Tituler dari Menhan Prabowo Subianto (foto: Instagram Deddy Corbuzer)

JATIMTIMES - Politisi Akbar Faizal mengkritik pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Angkatan Darat kepada YouTuber Deddy Corbuzer. 

Mantan anggota DPR RI dari fraksi Nasdem itu menganggap pangkat yang diberikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Deddy itu candaan yang berlebihan. Pernyataan tersebut disampaikan Akbar Faizal melalui akun Twitternya @akbarfaizal68. 

"Menjaga psikologis pasukan TNI diperbatasan2 negeri yg sepi, minimnya rmh TNI yg layak, purn TNI yg kesulitan bertahan hidup hingga 'rasa tak adil' perlakuan negara pd institusi lain sgt penting saat ini. Itu alasan knp pangkat 'Letkol Titular' itu sy anggap canda yg berlebihan," cuitannya di Twitter. 

Sebelum cuitan itu, Akbar Faizal juga menceritakan bagaimana perjuangan sang ayah saat operasi militer di Irian Barat (Trikora) dan Operasi Seroja di Timor Timur (Timor Leste). 

"Bpk sy operasi militer di Irian Barat/Papua. Lengannya bengkok kena peluru. Operasi di Tim-Tim/Timor Leste," tulisnya. 

Dari perjuangan itu, ayah Akbar Faizal mendapatkan penghargaan bintang Seroja. "Hingga wafat (ayah Akbar Faizal) berpangkat Sertu," tandasnya. 

Meski masih berpangkat Sertu, namun Akbar Faizal tetap bangga pada perjuangan ayahnya. "Kami bangga padanya," ujarnya. 

Namun kini tiba-tiba, disebut Akbar Faizal salah satu pesohor tanah air mendapatkan pangkat Letkol dan Menhan Prabowo dan Panglima TNI dan Kasad. 

"Dan, seorg pesohor tiba2 dpt pangkat Letkol dari Menhan Prabowo, panglima TNI & Kasad. Negeri suka2," kata Akbar Faizal. 

Sontak unggahan itu pun menuai pro dan kontra dari warganet. 

"Prajurit yg wafat dlm tugas hanya naik satu tingkat itupun gelar anumerta, ini yg g ada jasa dan jenjang karirnya bisa jd Pamen kan sungguh terlalu," @bangac***.

"Saya percaya TNI sudah melakukan analisa berhak atau tidak nya seseorang mendapatkan titular. Dan ini bukan permanen yah, ada kok titular yg hanya 2 tahun dan dicabut kembali karena memang dibutuhkan tdk lama," @Wa_gu_**. 

"Masalahnya ... atas dasar jasa, pengabdian apa yg dilakukam dia ? Kalo hanya podcas dan keartisan (mungkin sy tdk tau profesi lain dari dia) berarti masih banyak orang yg harus diberi pangkat/serupa," @rochmanidja***. 

Diketahui sebelumnya, Deddy melalui akun Instagram-nya @mastercorbuzier, Sabtu (10/12/2022) mengatakan bahwa dirinya diberi pangkat Letnan Tituler yang juga disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Juru bicara (jubir) Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan alasan dipilihnya Deddy mendapatkan pangkat Letkol Tituler AD karena memiliki kapasitas dalam berkomunikasi.

"DC (Deddy Corbuzier) diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI yakni, kapasitas komunikasi di sosial media," kata Dahnil, dilansir Detikcom. 

Menurut penilaian Kementerian Pertahanan, kemampuan dan performance DC tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI. 

Dari pangkat yang diterima Deddy, Ia akan mendapatkan sebagian haknya seperti pangkat Letkol pada umumnya. Mulai dari gaji, tunjangan hingga plat TNI.

"Seperti gaji, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, termasuk plat TNI," ungkap Dahnil. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru