Malangtimes

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mic Wireless, Simak Sebelum Membeli!

Dec 07, 2022 18:12
Ilustrasi mikrofon nirkabel (Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/woman-holding-microphone-3775131/)
Ilustrasi mikrofon nirkabel (Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/woman-holding-microphone-3775131/)

JATIMTIMES - Kualitas suara jernih menjadi salah satu hal yang diburu oleh konsumen sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mikrofon. Ada dua jenis mikrofon yang tersedia di pasaran, yakni mikrofon tipe kabel dan mikrofon tipe wireless.

Di antara kedua jenis mikrofon itu, tipe nirkabel atau wireless menjadi tipe yang lebih digemari karena lebih mendukung output suara yang jernih. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu tahu lebih dalam mengenai kelebihan lainnya serta kekurangan yang juga menyertai produk mikrofon nirkabel.

Kelebihan dan Kekurangan Mic Wireless

Baik untuk mendukung kebutuhan karaoke atau aktivitas Anda sebagai MC, Anda bisa memilih mikrofon berjenis wireless setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mic wireless di bawah ini!

A. Kelebihan Mic Wireless

1. Pergerakan Lebih Bebas

Kelebihan dari mikrofon wireless ini adalah kekurangan yang dirasakan oleh para pengguna mikrofon kabel mengingat adanya kabel yang terhubung ke perangkat dan menjuntai di sekeliling pengguna. Dengan menggunakan mikrofon nirkabel, Anda akan terhindar dari masalah ini dan dapat bergerak dengan lebih bebas.

2. Lebih Praktis

Mikrofon tanpa kabel biasanya tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari handheld, lavalier, hingga headset yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Intinya, baik untuk penggunaan di atas panggung atau keperluan siaran langsung, keberadaan mikrofon nirkabel jelas lebih praktis dibandingkan mikrofon kabel.

3. Jangkauan Lebih Luas

Ketiadaan kabel membuat rentang jangkauan mikrofon nirkabel jauh lebih luas. Anda bahkan bisa menemukan kabel dengan rentang jangkauan hingga 100 meter. Jika Anda menggunakan mikrofon kabel, Anda perlu membeli kabel tambahan untuk mendukung jangkauan yang lebih jauh.

4. Tidak Perlu Mencemaskan Kabel yang Kusut

Keberadaan kabel pada mikrofon tradisional kerap mengganggu secara teknis maupun estetika. Kabel yang kusut tidak hanya berpotensi menimbulkan suara berisik, terputus, hingga perangkat yang tidak berfungsi. Begitu pula dengan tampilan panggung yang akan terlihat “penuh” dengan keberadaan kabel yang menjuntai dari mikrofon.

5. Mengurangi Gangguan di Tengah Acara

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, penggunaan mikrofon kabel berisiko menimbulkan gangguan output suara, mulai dari noise, suara yang terputus, atau bahkan suara yang tidak keluar sama sekali.

Tentu, gangguan seperti yang telah disebutkan di atas akan sangat mengganggu jalannya acara maupun kenyamanan audiens serta pembicara. Gangguan tersebut mau tidak mau akan membuat acara terpotong karena penyelenggara acara harus menemukan penyebab tidak berfungsinya perangkat atau sibuk mencari perangkat pengganti agar acara bisa kembali dilanjutkan.

B. Kekurangan Mic Wireless

1. Harga Lebih Mahal

Dengan berbagai kelebihan yang telah dibahas di poin sebelumnya, wajar jika mikrofon nirkabel punya harga yang lebih mahal mengingat “harga membawa rupa”. Umumnya, makin tinggi kualitas dan fitur yang ditawarkan, maka akan makin tinggi pula harga produk di pasaran.

2. Banyak Kendala yang Bisa Menghambat Kualitas Sinyal

Bahkan mikrofon nirkabel terbaik sekalipun memerlukan adanya udara sebagai medium untuk transmisi suara yang ditangkap oleh perangkat. Hal ini membuat kekuatan mikrofon juga bisa dipengaruhi oleh cuaca.

Apabila Anda menggunakan mikrofon nirkabel di luar ruangan ketika cuaca sedang buruk, maka ada kemungkinan terjadinya gangguan pada proses transmisi data. Fenomena inilah yang membuat diperlukannya perangkat penguat sinyal sebagai tambahan untuk mikrofon nirkabel yang Anda miliki.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari mic tanpa kabel yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli. Anda bisa mendapatkan mic wireless dengan membelinya di gerai elektronik konvensional atau di authorized online merchant yang berafiliasi dengan e-commerce terpercaya seperti Blibli.

Di Blibli, Anda juga bisa membeli berbagai mikrofon nirkabel yang cocok untuk mendukung hobi nyanyi Anda dengan harga bersaing dan kualitas orisinal. Anda pun dapat menikmati keuntungan dari penawaran promo potongan harga, diskon gratis ongkos kirim, hingga jasa kirim super cepat yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru