Malangtimes

Status Gunung Semeru Awas, Hujan Abu di Kabupaten Malang Mulai Surut

Dec 04, 2022 18:22
Kondisi setelah Gunung Semeru mengalami erupsi. (Foto: instagram @bnpb_indonesia)
Kondisi setelah Gunung Semeru mengalami erupsi. (Foto: instagram @bnpb_indonesia)

JATIMTIMES - Gunung Semeru kini berstatus awas dari yang sebelumnya siaga, Minggu (4/12/2022). Hal itu membuat beberapa wilayah yang ada di sekitar Kabupaten Lumajang termasuk di Kabupaten Malang, diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terkait adanya erupsi Gunung Semeru.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Muhammad Nur Fuad Fauzi menuturkan, hujan abu sempat terjadi di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang pada Minggu (4/12/2022) pagi. Namun demikian, saat ini kondisinya terpantau relatif sudah aman terkendali.

"Inikan mengarahnya tetap ke Lumajang. Kalau yang di (Kabupaten) Malang masih relatif aman, karena hanya abu tipis. Kejadiannya tadi pagi," kata Fuad kepada Jatim Times, Minggu (4/12/2022).

Sejauh ini, Fuad belum bisa memastikan ada berapa dusun dan desa di Kecamatan Ampelgading yang mengalami hujan abu. Sebab, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan.

"Hanya abu tipis, jadi kami belum melakukan pengecekan sampai sejauh ini ada berapa desa yang terdampak, tetapi memang hanya abu tipis saja," jelasnya.

Menurutnya, hujan abu yang melanda wilayah Kabupaten Malang karena adanya erupsi Gunung Semeru tersebut, tidak sampai mengganggu aktivitas warga setempat. "Tidak, tidak sampai (mengganggu aktivitas warga), tidak ada. Mudah-mudahan tidak, karena memang hanya abu tipis," ulasnya.

Kondisi terkini, hujan abu di Kecamatan Ampelgading sudah mulai berkurang. Sementara kondisi cuaca dikabarkan dalam keadaan hujan gerimis.

"Nanti kami pastikan lagi ya, yang jelas sekarang sudah mulai berkurang (intensitas hujan abu)," imbuhnya.

Fuad menambahkan, meski hujan abu di wilayah Kecamatan Ampelgading sudah mulai berkurang, namun pihaknya bakal terus memonitor beberapa wilayah yang dekat dengan Kabupaten Lumajang.

Hal itu menyusul adanya pemberitahuan akan status Gunung Semeru yang saat ini berstatus awas. "Tetapi memang sekarang statusnya di naikkan jadi awas, termasuk di Kabupaten Malang. Oleh karenanya kita tetap memonitor," ujarnya.

Dari hasil monitoring sejauh ini, wilayah Kabupaten Malang termasuk di Kecamatan Ampelgading yang sempat mengalami hujan abu. Kini kondisinya relatif aman.

"Kondisi saat ini aman terkendali. Tadi hujan rintik-rintik, gerimis saja sama abu tipis," tukasnya.

Sementara itu, berdasarkan beberapa keterangan yang dihimpun Jatim Times, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru menjadi Awas dari yang sebelumnya Siaga. Yakni dari Level III menjadi Level IV sejak Minggu (4/12/2022) siang per pukul 12.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru