Malangtimes

Suku Israel yang Hilang Diduga Ada di Indonesia

Nov 29, 2022 15:05
Ilustrasi suku Israel (foto: Historia)
Ilustrasi suku Israel (foto: Historia)

JATIMTIMES - Beredar informasi dari media sosial YouTube bahwa di Indonesia terdapat suku Israel yang hilang. Bahkan diperkirakan suku tersebut masih ada hingga saat ini. Dalam suara yang terdengar dalam video YouTube pada akun @Faktor Jenuis, Indonesia adalah diaspora terbesar dari 10 suku Israel yang hilang.

Hal itu karena pada zaman dahulu keturunan Nabi Abraham atau Ibrahim, para suku Israel kuno memiliki akses wewenang berkat kitab suci. Tapi kaum itu memberontak dan mereka membunuh para nabi hingga mereka dihukum oleh Tuhan.

Lalu 10 suku itu ditawan di Asyur atau suatu kerajaan yang berpusat di Mesopotamia, Irak. Dari sinilah mereka hilang dari catatan manusia, tentu saja kesepuluh suku ini tidak hilang bagi Tuhan.

Janji Tuhan untuk mengumpulkan Israel yang tercerai-berai telah diramalkan dalam kitab suci. Bahwa di akhir zaman, Tuhan akan mengirimkan utusan yang tangkas, sangat jangkung dan berkulit mengkilap.

Pembuangan penduduk Israel Utara atau Samaria oleh Raja Sargon II Asyur pada masa 720 SM atau 2700-an tahun yang lalu. Dikatakan bangsa ini berasal dari Kerajaan Utara yang dihuni oleh 10 Bnei atau suku. Bukti klaim Sargon II atas Israel utara atau Samaria, terdapat banyak tulisan istana Sarukin pada dinding di ruangan tertentu.

Dahulu kala Raja Asyur membawa orang atau suku. Lalu menempatkan orang-orang menguasai tanah dan menetap di Israel dan menetap di kota-kotanya. 2700 tahun kemudian atau masa sekarang ini, diadakan pencarian besar-besaran 10 Bnei atau suku tersebut. Dan salah satu kawasan yang menjadi fokus utama pencarian tersebut adalah kepulauan Nusantara ini.

Dari berbagai sumber penelitian yang tersebar di dunia maya tentang bagaimana nama kepulauan Nusantara Indonesia selalu tercantum sebagai salah satunya wilayah diaspora 10 suku Israel yang hilang. Perkiraan sementara dari sekitar 500 hingga 550 juta keturunan 10 suku Israel yang hilang di dunia saat ini.

Di Indonesia diperkirakan dihuni 70 juta lebih atau sekitar 14 persen. Sedangkan di anak Benua Hindia atau Asia Selatan, diperkirakan sekitar 20 hingga 25 juta di Afganistan dan Pakistan. Sedangkan di benua biru Eropa, 20 sampai 25 persen.

Saat ini sudah banyak ditemukan suku Israel di beberapa tempat seperti di Asyur, Yunani, Italia, Ethiopia, Afganistan, Pakistan, Irak Hamad dan Palestina. Bahkan penelitian terbaru yang dirilis dari sebuah sumber, menyatakan hampir 90 persen bangsa Palestina berdarah Yahudi.

Di Indonesia sendiri ada puluhan suku yang terindikasi kuat sebagai keturunan 10 suku Israel yang hilang. Ada beberapa suku bangsa di Indonesia yang diperkirakan dari 10 suku Israel yang hilang. Suku Nias dan Batak di Sumatera Utara, suku Dayak di Kalimantan, Minahasa di Sulawesi Utara, Toraja di Sulawesi Selatan, Sumba dan suku lainnya di NTT dan beberapa suku di Indonesia di Papua bagian barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru