Malangtimes

8 Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim Negara Lain

Nov 29, 2022 09:29
Beberapa budaya Indonesia. (Foto dari Pixabay)
Beberapa budaya Indonesia. (Foto dari Pixabay)

JATIMTIMES - Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya yang berlimpah. Meski demikian, namun Indonesia tetap tidak akan membiarkan budaya asli Indonesia diambil satu persatu oleh negara lain.

Budaya Indonesia sendiri pernah mengalami klaim beberapa kali dari negara lain. Budaya-budaya tersebut diakui dan bahkan sempat diusulkan untuk bisa menjadi hak milik negara lain.

Lantas, budaya apa saja yang pernah melewati fase klaim dari negara lain itu? Langsung saja intip penjelasannya berikut ini.

Wayang Kulit

Wayang kulit

Wayang kulit sendiri adalah seni pertunjukan drama tradisional yang mengangkat cerita kuno dari Pulau Jawa. Wayang kulit pernah diklaim sebagai budaya bagian dari budaya Malaysia. Meski demikian, UNESCO menetapkan wayang kulit sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia pada 2008.

Batik

Batij

Malaysia juga pernah mengkalim batik sebagai budayanya. Pemerintah Indonesia tak terima, lalu mengirimkan nota keberatan. Indoensia mendafttarkan batik ke UNESCO pada 3 September 2008 dan resmi diakui sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Sasando

Sasando

Adalah musik tradisional dari bambu dan daun lontar yang dikeringkan khas Rote Ndao Nusa Tenggara Timur (NTT). Sri Lanka sempat nekat mendaftarkan Sasando ke World Intelectual Property Organization atau WIPO di Jenewa Swiss pada 2021 lalu.

Keris

Keris

Senjata tradisional asal Indonesia ini juga pernah diklaim oleh Malaysia. Negeri Jiran meyakini bahwa keris merupakan warisan budaya nenek moyang mereka. UNESCO lalu resmi menetapkan keris sebagai bagian dari warisan Indonesia pada 2008.

Angklung

Angklung

Angklung dikenak khas Sunda. Namun lagi lagi Malaysia pernah mengklaim alat musik dari bambu itu. Setelah berdebat, angklung akhirnya terdaftar sebagai buda lisan dan nonbenda Indoensia di UNESCO pada November 2010.

Lagu Rasa Sayange

Lagu sayang sayange

Lagu Rasa Sayange diciptakan oleh Paulis Pea dari Maluku pada 1958 di Lokanata, Solo. Karya ini juga pernah diklaim Malaysia. Perdebatan antar dua negara akhirnya teredam usai Menteri Kebudayaan Kesenian dan Warisan Budaya Malaysia, Rais Yatim mengakui bahwa Rasa Sayange adalah milik Indonesia.

Reog Ponorogo

Reog ponorogo

Reog Ponorogo juga sempat akan diusulkan Malaysia sebagai budaya milik mereka. Namun hal itu terhenti setelah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengungkap Indonesia telah mendaftarkannya ke UNESCO pada 13 Februari 2022.

Tari Tor Tor

Tari tortor

Kementerian Luar negeri pernah mengirimkan nota diplomatik ke pemerintah Malaysia mengenai Tari TorTor pada 2021 silam. Indonesia meminta Malaysia untuk mencatatkan asal usul Tari Tortor yakni dari Sumatera Utara, tepatnya di Tanah Batak.

Nah itu dia 8 budaya asli Indonesia yang pernah diklaim oleh negara lain namun berhasil untuk dihentikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru