Malangtimes

Hindari Tanah Longsor, Truk Muatan Pasir Malah Terperosok Sejauh Empat Meter di Kota Batu

Nov 20, 2022 14:39
Kondisi truk saat terperosok ke jurang Jalan Gajahmada (jalan tembusan Dusun Kekep ke Dusun Payan), Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Istimewa)
Kondisi truk saat terperosok ke jurang Jalan Gajahmada (jalan tembusan Dusun Kekep ke Dusun Payan), Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Bencana tanah longsor terjadi di kawasan Jalan Gajahmada (jalan tembusan Dusun Kekep ke Dusun Payan), Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Akibat kejadian tersebut, sebuah truk bermuatan pasir yang melintas dan mencoba menghindari malah terperosok ke lahan milik warga, Minggu (20/11/2022).

Material tanah longsor tersebut hanya menutup separuh badan jalan. Kemudian truk bermuatan pasir saat melewati titik lokasi longsor mengambil lajur tepi jalan yang tidak tertutup material longsor.

“Karena plengsengan di tepi jalan tersebut tidak kuat menahan beban truk sehingga ambrol dan menyebabkan truk terperosok ke lahan milik warga dengan ketinggian 4 meter dari jalan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Pengemudi Truk Heri (35) warga Dusun Kungkuk, Desa Tulungrejo hanya mengalami cedera ringan. Sementara kondisi truk bermuatan pasir mengalami rusak sedang, sedangkan muatan pasir tumpah.

Mendapati informasi tersebut petugas gabungan melakukan evakuasi truk yang terguling. Kemudian melakukan pembersihan material longsor secara manual dan menggunakan alat berat.

Selanjutnya dilakukan penyemprotan material longsor. Sedang tanah lomgsor dengan dimensi panjang 15 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 20 meter. Untuk plengsengan ambrol dengan dimensi panjang 10 meter, lebar 60 centimeter dan tinggi 4 meter.

“Material longsor ini menutup saluran drainase,” ujar Agung. Warga pun diimbau untuk lebih waspada dengan kondisi lingkungan sekitar terutama pada saat cuaca hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru