Malangtimes

Akhir Pekan Disporapar Kota Malang Gelar Ngalam Heritage Run 10K, Ada 12 Pelari Luar Negeri

Nov 18, 2022 20:32
Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi saat ditemui usai mengikuti puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 di Stadion Gajayana, Jumat (18/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi saat ditemui usai mengikuti puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 di Stadion Gajayana, Jumat (18/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang akan menggelar Ngalam Heritage Run 10K pada akhir pekan Minggu (20/11/2022) mendatang yang diikuti oleh 850 peserta, 12 di antaranya dari Amerika dan Timor Leste. 

Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi mengatakan, kegiatan Ngalam Heritage Run 10K merupakan upaya dari Disporapar Kota Malang kembali membangkitkan acara-acara lari di Kota Malang yang sebelum pandemi Covid-19 dulu kerap kali digelar. 

Pihaknya menyebut, lari sepanjang jalur 10 kilometer ini juga merupakan upaya dari Disporapar Kota Malang untuk lebih mengenalkan berbagai potensi dari segala aspek yang dimiliki Kota Malang. 

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Kota Malang ini menjelaskan, bahwa dengan mengusung konsep Ngalam Heritage Run 10K merupakan wujud sinergi dan implementasi dari misi Wali Kota Malang Sutiaji. Yakni mewujudkan kota yang produktif, berdaya saing tinggi dengan berbasis ekonomi kreatif berkelanjutan dengan menggali kejayaan malang tempo dulu. 

"Itu bagian usaha kita untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Ini kan nyambung nanti dengan destinasi Kayutangan Heritage dan segala macam," ujar Baihaqi kepada JatimTIMES.com, Jumat (18/11/2022). 

Peta lari.

Menurutnya, Kota Malang memang tidak memiliki destinasi wisata alam. Di mana dengan banyaknya kawasan-kawasan heritage, bersejarah, serta edukatif, itu lah yang dijual oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. 

"Sehingga kita berinovasi, berkreatif untuk menggali sejarah kita kenalkan sekarang dalam rangka mengangkat Kota Malang sebagai kota industri, kota wisata dan kota pendidikan," terang Baihaqi. 

Pihaknya menjelaskan, sesuai konsep yang diusung, maka dalam Ngalam Heritage Run 10K juga akan melintasi kawasan-kawasan heritage. Di mana dimulai di Stadion Gajayana, kemudian ke Jalan Besar Ijen, Jalan Kawi, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Basuki Rahmat, Jalan BS Riadi, Jalan Buring, Jalan Guntur, Jalan Anjasmoro, Jalan Raung, Jalan Simpang Ijen, Jalan Surabaya, Jalan Jombang, Jalan Galunggung, Jalan Dieng, Jalan Wilis, Jalan Besar Ijen, Jalan Semeru dan finish di Stadion Gajayana. 

"Pasti nanti akan melewati rute-rute yang heritage. Seperti di daerah Basuki Rahmat, Jalan Kawi, kemudian Jalan Ijen, ini kan heritage semua sampai nanti di depan pembantu gubernur (bakorwil) juga banyak kawasan heritage," ujar Baihaqi. 

Medali.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan medali bagi para finisher dengan desain yang mengusung konsep heritage dan dipesan dari luar negeri. Di mana nantinya hanya finisher dengan catatan waktu di bawah 2,5 jam yang bisa mendapatkan medali tersebut. 

Kemudian, panitia juga akan memilih lima podium untuk pelari laki-laki dan lima podium untuk pelari perempuan. Untuk podium satu berhadiah Rp 1,5 juta; podium dua Rp 1,25 juta; podium tiga Rp 1 juta; podium empat Rp 750 ribu; serta podium lima Rp 500 ribu. 

Lebih lanjut, pihaknya akan berupaya untuk menjadikan acara Ngalam Heritage Fun 2022 harus berkelanjutan dan menjadi kalender event tetap Pemkot Malang. Hal itu juga nantinya akan membuat Kota Malang semakin dikenal di dalam maupun luar negeri. 

"Karena Malang ini levelnya sudah bukan nasional saja, tetapi harus Go Internasional. Malang untuk Indonesia, Malang untuk Dunia. Sehingga kalau sudah seperti itu, semuanya akan terangkat. Ekonominya, olahraganya, semuanya terangkat, sehingga masyarakat Kota Malang akan merasakan dampak kesejahteraannya lebih baik lagi," tandas Baihaqi. 

Sebagai informasi, terdapat 12 pelari dari Amerika dan Timor Leste yang akan mengikuti gelaran Ngalam Heritage Run 2022, di antaranya: 

1. Michael Lucero, Amerika
2. Elijah Lucero, Amerika
3. Brian Coughlin, Amerika
4. Seth Eli Vidrio, Amerika
5. Shanika Rae Musser, Amerika
6. Leandro Rico da Costa, Timor Leste
7. Laurensius Casimiro, Timor Leste 
8. Adão dos Santos Cabral, Timor Leste 
9. Denilson Correia Mesquita, Timor Leste
10. Paulo da Silva Freitas, Timor Leste
11. Gilman da Silva Godinho, Timor Leste 
12 . Justino Dos Santoso, Timor Leste

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru