Malangtimes

Mahasiswa PMM UMM Berikan Fasilitas Membaca Melalui Pembuatan Mini Library di Panti Asuhan

Nov 10, 2022 15:02

JATIMTIMES - Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 86 Gelombang 11 

Dengan Dosen Pembimbing Lailatul Mauludiyah, S.S., M.Pd.I. Pada hari Selasa, 1 November 2022, mereka melakukan pembuatan Mini Library (Perpustakaan Kecil) di Panti Asuhan Amanah Bunda yang berlokasi di Jl. Haruwi RT 20 RW 05, Ngambon, Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pembuatan Mini Library tersebut bertujuan untuk memberikan fasilitas membaca di Panti Asuhan Amanah Bunda. Pemberian fasilitas ini sebagai penunjang gerakan literasi membaca di tempat tersebut dikarenakan kurangnya motivasi anak dalam kegiatan membaca dan tidak adanya fasilitas buku di sana. 

Sebelum melakukan pembuatan Mini Library, kami melakukan open donation book di media sosial masing-masing anggota kelompok kami. Setelah buku terkumpul, kami melakukan penataan buku di panti tersebut dan menghias Mini Library bersama anak-anak Panti Asuhan Amanah Bunda.   

Buku bacaan yang ada di Mini Library berupa buku cerita anak, novel, buku motivasi hidup, dan buku ilmu pengetahuan. Banyaknya buku yang terkumpul membuat seluruh anak di panti tersebut sangat senang. “Kak bukunya bagus-bagus aku senang sekali” kata Rahma, anak Panti Asuhan Amanah Bunda.

Anak-anak di Panti Asuhan tersebut menghias Mini Library dengan wajah kucing dan bentuk hati yang dibuat dari kertas lipat, dalam pembuatan hiasan tersebut anak panti dibantu oleh seluruh anggota kelompok 86 PMM UMM Gelombang 11. Kemudian pembuatan tulisan “Mini Library” yang ditempel di dinding dibuat oleh Laras salah satu anggota kelompok 86 PMM UMM Gelombang 11. 

Pemberian fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi anak dalam membaca. Ditambah dengan hiasan yang lucu juga dapat membangkitkan semangat anak-anak panti Asuhan Amanah Bunda. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru