Malangtimes

Syarat Pengajuan dan Cara Pinjam Uang di Pegadaian

Oct 25, 2022 14:12

JATIMTIMES - Saat keadaan terdesak, alternatif tercepat dalam mendapatkan uang adalah melakukan peminjaman. Jika tidak ingin berurusan dengan pihak bank, kamu bisa memakai jasa pegadaian untuk memperoleh pinjaman uang tunai. Berikut ini akan dibahas lengkap mengenai syarat dan cara pinjam uang di pegadaian jika kamu membutuhkan rekomendasi langkahnya.

Sama seperti saat melakukan peminjaman uang tunai di bank, pengajuan pinjaman di pegadaian memang harus melalui sejumlah proses. Bagi kamu yang akan membuka ataupun mengembangkan usaha hal ini bisa kamu lakukan secara mudah. Inilah proses lengkapnya jika kamu akan mengajukan pinjaman ke pegadaian.

Inilah Cara Pinjam Uang di Pegadaian

Seperti yang dikutip dari situs Spikpk.id Cara pinjam uang di pegadaian sebenarnya tidak ribet dan hanya membutuhkan beberapa jam dalam proses pengajuan sampai uang pinjaman bisa dicairkan. Sebagai calon peminjam kamu harus memahami dulu jenis pinjaman yang nantinya bisa dipilih. Karena pihak pegadaian pastinya akan memberikan pilihan jenis peminjaman. Berikut ini penjelasan mengenai pilihan pinjaman di pegadaain.

1. Pinjaman KCA (Kredit Cepat Aman)

Sebagaian orang memang lebih cenderung memilih jenis pinjaman KCA karena memang bisa digunakan oleh semua kalangan baik konsumtif maupun produktif. Jenis pinjaman ini akan bisa mejadi salah satu solusi jitu jika kamu ingin mendapatkan sistem peminjaman yang aman, cepat dan mudah tanpa syarat yang memberatkan.

Untuk memproses pinjaman KCA di Pegadaian, kamu memang harus memenuhi semua persyaratan dengan datang langsung ke Kantor Pegadaian. Salah satu persyaratan paling utama untuk mendapatkan pinjaman uang adalah membawa jaminan. 

Jaminan yang bisa diterima oleh pihak Pegadaian seperti handphone, laptop, perhiasan emas, dan beberapa barang elektronik yang memiliki nilai harga. Nilai pinjaman atau plafon uang pinjaman yang ditawarkan mulai dari 50 ribu hingga 500 juta rupiah.

Setiap pengajuan pinjaman KCA di pegadaian memiliki jangka waktu maksimal 4 bulan. Kamu bisa melakukan perpanjangan peminjaman dengan cara membayar biaya sewa modal. Nilai sewa modal per 15 harinya adalah 0,75%. Proses pencairan uang pinjaman KCA hanya membutuhkan 15 menit saja.

Syarat Pinjaman KCA dari pihak pegadaian antara lain:

  • Membawa fotokopi data diri lengkap yang masih aktif saat ini seperti SIM, kTP ataupun paspor.
  • Menyerahkan jaminan sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan pihak Kantor Pegadaian, semisal BPKB atau STNK asli.
  • Setiap nasabah harus mengisi dan menandatangani surat bukti kredit bermaterai dari Pegadaian.

 

2. Pinjaman Krasida (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Terkadang kebutuhan mendadak juga membutuhkan dana yang lumayan besar. Misalnya saat ingin membiayai masuk perguruan tinggi, biaya pernikahan atau melakukan renovasi rumah. Hal inilah yang seringkali membuat sebagian orang ingin melakukan proses pinjaman uang dalam skala besar. 

Krasida atau Kredit Gadai Sistem Angsuran bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Program pinjaman yang tersedia di Pegadaian ini akan memenuhi segala bentuk kebutuhan kamu apabila ingin membutuhkan uang. 

Syarat pengajuan pinjaman Krasida yaitu membawa identitas diri seperti KTP, SIM atau paspor. Nasabah juga harus menyertakan kartu keluarga dan juga jaminan berupa surat lengkap kendaraan bermotor atau emas. 

Dengan memilih jenis pinjaman Krasida juga menguntungkan kamu. Beberapa keuntungan dalam pinjaman ini antara lain:

Jika dilihat dari nilai taksiran jumlah angsuran yang dibayarkan, nilai pinjaman yang kamu dapatkan sebanyak 95% total penerimaannya.

  • Jangka angsuran pinjaman bervariasi mulai 6, 12, 24 atau 36 bulan sesuai keinginan.
  • Dalam setiap bulan nilai angsuran tetap sama.
  • Bisa dilakukan pelunasan jika memang ingin mengembalikan secara cepat.
  • Penawaran peminjaman uang dari 1 juta sampai 250 juta rupiah.

 

3. Pinjaman Kreasi

Bagi kamu yang ingin mendapatkan cara pinjam uang di pegadaian untuk mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah), bisa memilih jenis pinjaman Kreasi. Dimana dalam sistem peminjamannya kamu akan mendapatkan sistem fisuda dengan cukup menyetorkan jaminan berupa faktur pembelian, surat kendaraan bermotor semisal BPKB dan fotocopy STNK motor.

Sistem ini memang memudahkan peminjam karena yang dibawa pihak Pegadaian hanyalah surat-suratnya saja. Sehingga kamu masih bisa memakai kendaraan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun untuk lolosnya persyaratan peminjaman Kreasi, pihak nasabah harus memenuhi kriteria dalam pengecekan pihak Pegadaian.

Syarat untuk memenuhi permintaan peminjaman uang memakai sistem pinjaman Kreasi antara lain:

  • Menyetorkan data atau identitas diri asli semisal KTP.
  • Melampirkan KK (Kartu Keluarga).
  • Melampirkan Kartu Nikah atau Surat Nikah bagi nasabah yang sudah menikah.
  • Dokumen asli kepemilikan kendaraan bermotor atau mobil, semisal BPKB, faktur pembelian, STNK dan BPHTB (Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan).

Keuntungan Pinjam Uang di Pegadaian

Setelah memahami cara pinjam uang di pegadaian dan sejumlah pilihan jenis peminjaman yang bisa diajukan, memakai sistem peminjaman di kantor Pegadaian juga memiliki sejumlah keuntungan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan para nasabah antara lain:

  • Aman Terpercaya 

]Apabila dibandingkan dengan beberapa lembaga yang menerima gadai barang, mengajukan pinjaman di pegadaian memang tergolong aman serta bisa dipercaya oleh sebagian besar orang. Apalagi lembaga tersebut memang milik pemerintah sehingga setiap aktivitas yang terdapat di dalam kantor langsung dipantau pemerintah. Otomatis segala bentuk sistem yang bekerja di Kantor Pegadaian memang minim kesalahan. 

  • Pengajuan Pinjaman Mudah 

Setiap nasabah yang mengajukan pinjaman juga tidak perlu mempersiapkan sejumlah dokumen tambahan. Dari beberapa syarat yang harus dipenuhi nasabah, biasanya sudah dimiliki langsung oleh pihak nasabah dirumah.

  • Tidak Memerlukan Rekening 

Setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman tidak perlu membuka rekening tabungan. Karena sudah melakukan kerjasama dengan beberapa bank terkemuka, nasabah nanya melampirkan nomor rekening yang sudah dimiliki. 

  • Pencairan Sangat Cepat 

Segera bisa mendapatkan uang pinjaman, pihak Kantor Pegadaian akan selalu memproses dalam waktu yang cepat apabila syaratnya sudah terpenuhi. Paling lama nasabah hanya menunggu sekitar beberapa jam saja, uang pinjaman akan langsung diterima kan ke pihak nasabah. 

  • Adanya Batas Perpanjangan Tenor 

Apabila ingin melakukan perpanjangan masa pinjaman, pihak Kantor Pegadaian juga menyediakan layanan perpanjangan tenor angsuran. Karena sudah kalau semua persyaratan, nasabah lama lebih mudah mengajukan. 

  • Terdapat Masa Tenggang 

Jika pihak nasabah sudah masuk masa tenggang dalam pinjaman, kantor pegadaian akan langsung memberikan informasi berupa pesan singkat melalui SMS atau email pribadi nasabah. Terdapat tambahan masa tenggang untuk memberikan kesempatan kepada nasabah untuk melunasi semua cicilan angsuran. 

  • Kantor Mudah Ditemukan 

Ketika kamu ingin mengajukan pinjaman uang di Pegadaian, setiap kota sudah terdapat kantor unit. Beberapa daerah bahkan sudah menyediakan sejumlah kantor cabang sehingga para calon nasabah atau lebih mudah datang langsung ke kantor pegadaian untuk melakukan pinjaman uang.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara pinjam uang di pegadaian serta keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai calon nasabah. Hanya menyiapkan barang yang siap dijadikan jaminan, proses untuk mendapatkan uang pinjaman pun akan semakin mudah kamu proses. Hubungi kantor Pegadaian yang ada di kotamu!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru