Malangtimes

MTsN 2 Kota Malang Ikuti Lomba Sekolah Adiwiyata dan Siap Menuju Madrasah Berwawasan Lingkungan

Oct 22, 2022 14:02
Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr Subhan SPd MSi saat menunjukkan poster untuk lomba sekolah Adiwiyata, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr Subhan SPd MSi saat menunjukkan poster untuk lomba sekolah Adiwiyata, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada tahun 2022 ini, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Malang yang memiliki 735 murid secara keseluruhan tengah mengikuti lomba sekolah Adiwiyata di tingkat regional Kota Malang.

Hal itu disampaikan Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr Subhan SPd MSi ketika ditemui di ruangan kerjanya. Menurutnya, dengan mengikuti sekolah lomba Adiwiyata akan mengajarkan para murid dan tenaga pengajar perihal penataan lingkungan, kesehatan, dan kebersihan di lingkungan sekolah.

Kolam lele.

Untuk saat ini, persiapan dalam menyambut lomba sekolah Adiwiyata di tingkat regional Kota Malang, pihaknya mulai memaksimalkan penataan lingkungan serta daur ulang limbah sampah. Di mana yang sebelumnya telah masif dilakukan oleh siswa-siswi MTsN 2 Kota Malang.

"Kemudian pemanfaatan limbah-limbah lain seperti bekas air wudhu itu diarahkan untuk kolam ikan lele dan sampah dikumpulkan di sini ada untuk pupuk, anak-anak juga membuat untuk hiasan tanaman dan dibuat seperti pelet ikan," ujar Subhan kepada JatimTIMES.com, Sabtu (22/10/2022).

Green house.

Selain itu, para siswa-siswi MTsN 2 Kota Malang juga membuat berbagai macam poster yang bertemakan lingkungan. Ragam poster itu juga sangat unik, karena digambarkan di sebuah kanvas. "Itu termasuk hasil karya siswa yang diminta untuk menuju perlombaan Adiwiyata," tutur Subhan.

Ke depan untuk tahapan perlombaan sekolah Adiwiyata, pada akhir Bulan Oktober 2022 tim penilai sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan melakukan penilaian terhadap kondisi MTsN 2 Kota Malang.

"Nanti kita ini bukan juara, tapi jenjang berikutnya. Jadi masuk wilayah provinsi. Ini seleksi kota, kalau memenuhi persyaratan masuk ke provinsi hingga ke nasional," ujar Subhan.

Green house.

Sementara itu, dengan adanya MTsN 2 Kota Malang ditunjuk untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata, pihaknya berharap agar MTsN 2 Kota Malang dapat menjalankan komitmen untuk menata lingkungan madrasah.

"Kita semakin punya komitmen untuk menata lingkungan madrasah. Lebih sehat, lebih asri, lebih hijau. Harapannya kita ini ke arah madrasah berwawasan lingkungan dan terus ke jenjang nasional," terang Subhan.

Lebih lanjut, pihak MTsN 2 Kota Malang terus melakukan penataan pada kondisi lingkungan yang ada. Mulai dari perawatan green house yang berada di dalam MTsN 2 Kota Malang hingga memaksimalkan sistem daur ulang sampah agar dapat menghasilkan produk-produk bermanfaat lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru