Malangtimes

Viral, Siswa SMAN 1 Turen Malang Demo Minta Kepsek Dimutasi 

Oct 18, 2022 16:03
Screenshoot TikTok video yang mengunggah demo siswa SMAN 1 Turen (sumber @ep.epan)
Screenshoot TikTok video yang mengunggah demo siswa SMAN 1 Turen (sumber @ep.epan)

JATIMTIMES - Beredar video viral di TikTok yang memperlihatkan ratusan siswa SMAN 1 Turen, Kabupaten Malang demo minta kepala sekolah dimutasi. 

Dalam unggahan video akun @ep.epan, tampak berbagai poster dengan tulisan 'Bumi Miepra bukan tempat orang arogan', 'Kami rindu Miepra yang dulu', 'Mutasi Kepala Sekolah Kami' memenuhi dinding sekolah. 

Juga terlihat aparat penegak hukum sudah berada di lokasi untuk mengamankan jalannya demo. 

Dalam video tersebut terdengar suara ratusan siswa mengenakan seragam putih yang meneriakkan 'Mutasi, Mutasi, Mutasi'. Mereka berkumpul di tengah lapangan . 

Kemudian beberapa video lain di akun tersebut juga mengunggah suara Kepala SMAN 1 Turen yang memberikan klarifikasi menggunakan microfon. 

"Tidak ada keberatan manakala kalian menginginkan saya tidak memimpin di lembaga ini, yang jelas dengarkan dulu, selama saya tanggal 1 September 2021 memimpin diberikan amanah di SMAN 1 Turen yang jelas prestasi yang diberikan oleh lembaga ini sudah tidak bisa dihitung," ungkap suara perempuan yang diduga Kepala Sekolah SMAN 1 Turen tersebut. 

"Yang berprestasi muridnya," sahut si perekam yang diduga salah satu pendemo murid SMAN 1 Turen.  

"Siapa takut, diam dulu, saya sangat menyesal dan saya sangat prihatin, dengarkan dulu. Bapak ibu guru yang sudah mengajari kalian karakter ternyata nol tidak ada hasilnya. Jangan salahkan kami, terutama bapak ibu guru manakala tahun ajaran baru peminat SMAN 1 Turen akan mengalami penurunan. yang intinya, saya tidak mencari kemenangan tapi saya mencari kebenaran," lanjutan suara diduga Kepala Sekolah SMAN 1 Turen saat demo terjadi. 

Tak berhenti di situ, dalam unggahan lainnya juga nampak video yang mengenang kepala sekolah sebelumnya, Ibnu Harsono, meninggal dunia sejak 27 Juli 2021. Yang kemudian digantikan oleh Kepala Sekolah yang baru, Eny Retno Diwati. 

Bukan hanya demo, siswa SMAN 1 Turen juga menyuarakan aksinya melalui short movie yang diunggah di YouTube TANOS SMA 2022- Anonim - Miepra Creative. 

Dalam video itu terlihat siswa yang mengeluh proposalnya ditolak. 

"Kenapa sih sekolah ini membatasi kreativitas kita," ungkap siswa itu. 

Kemudian siswa lain bertanya, “trus kita gimana? Gagal beneran”. 

"Padahal kita sudah usaha, gagas sana sini, eh malah ditolak," kata siswa yang kecewa proposalnya ditolak tersebut. 

Namun tak lama kemudian, video itu dihapus dari YouTube pengunggah.

Aksi yang dilakukan siswa SMAN 1 Turen itu mengundang perhatian warganet. Banyak dari mereka yang mendukung aksi tersebut. Mendapatkan atensi lebih dari 310 ribu like dan 1 ribu komentar dalam unggahan itu. 

"Salut untuk adik" sman 1 turen berani bersuara jika itu salah dan berani melawan jika ditindas," @CalonAnggotaDewan. 

"ALUMNI SIAP MEMBANTU," @Chillhouse. 

"mas cerita kepala arogansi gimana ya.tolong infone mass," @ArjunaEvan__.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru