Malangtimes

Hari Ini Gladi Bersih ANBK Jenjang SD Dimulai

Oct 17, 2022 16:59
Jadwal pelaksanaan ANBK jenjang SD 2022 (sumber laman resmi anbk.kemdikbud.go.id)
Jadwal pelaksanaan ANBK jenjang SD 2022 (sumber laman resmi anbk.kemdikbud.go.id)

JATIMTIMES - Berdasarkan jadwal pelaksanaan dari laman resmi anbk.kemdikbud.go.id, gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk jenjang SD sederajat dimulai pada Senin hingga Kamis (17-20/10/2022). 

Sementara pelaksanaan ANBK itu sendiri bakal dilakukan pada Senin hingga Kamis (24-27/10/2022) mendatang. 

Diketahui, Asesmen Nasional (AN) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan sejak 2021. 

Sebelumnya, Kemdikbud mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional. Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Peningkatan sistem evaluasi pendidikan melalui ANBK ini adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan utamanya, unuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan ada perubahan mendasar pada Asesmen Nasional yang diterapkan saat ini. Dimana pihaknya tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu. Akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

“Potret layanan dan kinerja setiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional ini kemudian menjadi cermin untuk kita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan Indonesia,” ucap Mendikbud. 

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen. Berikut ini rangkumannya:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Untuk literasi membaca diartikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tujuannya untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Sementara Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

2. Survei karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

3. Survei lingkungan belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Berikut ini jadwal pelaksanaan ANBK jenjang SD:

● Gladi Bersih 

1. Maksimum 12 Oktober 2022 pukul 18.00 WIB: Pemutakhiran data (status/moda/gelombang/sesi) 

2. 15-16 Oktober 2022: Sinkronisasi Geladi Bersih 

3. 17-20 Oktober 2022: Pelaksanaan Geladi Bersih 

4. 21 Oktober 2022: Pelaksanan Geladi Bersih Jadwal Khusus Paket A.

● Pelaksanaan 

1. 22-23 Oktober 2022: Sinkronisasi Pelaksanaan AN 

2. 24-27 Oktober 2022: Pelaksanaan AN Gelombang 1 dan 2 

3. 29-30 Oktober 2022: Pelaksanaan Jadwal Khusus Paket A Tahap 1 

4. 31 Oktober-3 November 2022: Pelaksanaan AN Gelombang 3 dan 4 

5. 5-6 November 2022: Pelaksanaan Jadwal Khusus Paket A Tahap 2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru