Malangtimes

Layanan BPJS Kesehatan Hadir di Mal Pelayanan Publik Merdeka Malang

Oct 17, 2022 12:52
Salah satu masyarakat Kota Malang yang menggunakan layanan dari BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik Merdeka Malang. (Foto: Dok. Humas BPJS Cabang Malang for JatimTIMES)
Salah satu masyarakat Kota Malang yang menggunakan layanan dari BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik Merdeka Malang. (Foto: Dok. Humas BPJS Cabang Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang terus berupaya mendekatkan dan memudahkan pemenuhan layanan administrasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Kota Malang, untuk berproses sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Salah satu yang dilakukan yakni BPJS Kesehatan Cabang Malang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk menempatkan layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka Malang. 

MPP Merdeka Malang  berlokasi di Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Klojen, tepatnya di lantai tiga Mal Alun-Alun Malang. Pelayanan administrasi BPJS Kesehatan dapat dilakukan di MPP Merdeka Malang setiap Senin sampai Jumat pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. 

"Hadirnya BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik Merdeka ini tentunya bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada penduduk Kota Malang," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang Wenan Setyo Nugroho.

Wenan mengatakan, semua segmen peserta JKN bisa mendapatkan pelayanan administrasi di Mal Pelayanan Publik Merdeka Malang. Mulai dari segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU), pegawai negeri sipil (PNS), pegawai pemerintah non-pegawai negeri (PPNPN), TNI/Polri, maupun penerima bantuan iuran (PBI). 

Pelayanan yang bisa didapatkan di Mal Pelayanan Publik Merdeka Malang yaitu login aplikasi mobile JKN, ubah identitas, ubah fasilitas kesehatan (faskes), laporan kematian, laporan pisah KK, pengecekan jumlah tagihan, informasi, pengaduan dan lain sebagainya.

Namun, Wenan menyebut pelayanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, penonaktifan peserta meninggal, perubahan data peserta, perbaikan data ganda, maupun pengaktifan kembali kepesertaan dapat dilakukan lewat Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa) maupun aplikasi mobile JKN.

"Pada dasarnya pelayanan administrasi yang bisa didapatkan oleh peserta JKN di Mal Pelayanan Publik. Tidak ada bedanya dengan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan. Namun untuk pelayanan administrasi yang bisa dilakukan secara non-tatap muka, kami berharap untuk dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN maupun Whatsapp Pandawa melalui nomor 08118165165," jelas Wenan.

Sementara itu, Lucia Maria Lusianti (57), yang ditemui saat mengunjungi layanan BPJS Kesehatan  di Mal Pelayanan Publik Merdeka Malang, menyampaikan apresiasinya terhadap pelayanan yang telah diberikan. Diakui pelayanan BPJS Kesehatan cepat serta pegawai yang saat itu sedang bertugas  sangat informatif.

"Saya sangat senang ya, pelayanan yang diberikan sangat bagus. Saya dilayani dengan baik. Kemudian juga petugasnya sangat informatif. Antreannya tidak banyak. Terima kasih banyak BPJS Kesehatan atas pelayanan yang luar biasa," tandas Lucia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru