Malangtimes

5 Tips Agar Nasi tidak Cepat Basi, Ampuh Gak ya?

Oct 17, 2022 06:30
5 tips mengatasi nasi cepat basi dan tidak pulen, praktis dan ampuh (foto dari Pixabay)
5 tips mengatasi nasi cepat basi dan tidak pulen, praktis dan ampuh (foto dari Pixabay)

JATIMTIMES - Nasi menjadi makanan wajib bagi setiap orang di Indonesia. Namun terkadang saat menanak nasi ada yang belum tahu takaran yang pas untuk menjadikan nasi pulen dan lebih enak.

Bahkan, terkadang nasi tidak tahan seharian dan cepat basi. Jika sudah seperti itu, beras menjadi cepat habis karena kebanyakan dibuang, dan berujung pada pemborosan.

Dikutip dari berbagai sumber, ada 5 tips agar nasi yang kamu masak bisa tahan lama dan pulen. Penasaran? Berikut 5 tipsnya.

Cuci Beras Sampai Bersih

5

Cara melihat beras sudah bersih atau tidak, bisa dilihat dari air bilasan yang ditandai dengan warnanya yang bening. Selain mencuci beras dengan bersih, menjaga beras terhindar dari kutu dan kotoran juga salah satu cara agar nasi tidak cepat basi saat dimasak. Selain tidak cepat basi, cara ini juga menjadikan nasi yang kita masak menjadi pulen.

Pakai Air yang Cukup

3

Terlalu banyak memasukkan air pada saat memasak nasi akan menjadikan nasi yang kita masak menjadi lembek dan basah, sebaliknya kurangnya air saat memasak nasi membuat nasi menjadi keras bahkan tidak matang. Oleh karenanya, pakailah air sebanyak satu ruas jari dari permukaan beras agar nasi bisa matang dengan sempurna.

Aduk Setelah Matang

1

Mengaduk nasi setelah matang ini bertujuan supaya uap panas yang mengendap di bagian atas dapat tersebar ke seluruh bagian nasi. Jika tidak diaduk segera setelah nasi matang, maka bagian bawah nasi akan lebih basah, cepat basi dan bisa jadi mengeras.

Simpan Sisa Nasi di Kulkas

Nasi

Jika ada sisa nasi, cukup masukkan ke wadah plastik, tutup rapat, lalu simpan ke dalam kulkas. Jika ingin disantap, kamu bisa kembali menghangatkannya.

Rutin Bersihkan Rice Cooker

2

Bersihkan rice cooker yang sering digunakan. Rice cooker sering kali menyimpan banyak sisa nasi, kotoran bahkan hewan yang masuk kedalamnya. Hal membuat jadi tempat berkembang biaknya bakteri dan membuat nasi menjadi cepat basi.

Nah itulah 5 tips membuat nasi tidak cepat basi, ampuh dan sangat praktis untuk diterapkan di rumah. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru