Malangtimes

Ilmuwan ANU Temukan Warna Tertua di Dunia

Oct 14, 2022 11:32
Ilustrasi macam-macam warna(Ist)
Ilustrasi macam-macam warna(Ist)

JATIMTIMES - Warna yang ada di dunia terdapat banyak macamnya, bahkan mencapai ribuan. Namun, tahukah kamu warna yang tertua di dunia?. Para ilmuwan dari Australian National University (ANU) menjawab pertanyaan tersebut. Ilmuwan ANU, telah menemukan warna tertua dalam catatan geologis. 

Warna tersebut yakni, pigmen merah muda cerah berusia 1,1 miliar tahun yang diekstraksi dari bebatuan jauh di bawah Gurun Sahara di Afrika.

Dr Nur Gueneli dari ANU mengatakan, pigmen ini diambil dari sebuah batu serpih hitam laut dari Cekungan Taoudeni di Mauritania, Afrika Barat dan lebih dari setengah miliar tahun lebih tua dari penemuan pigmen sebelumnya.

Hasil ekstraksi, pigmen merah muda cerah adalah fosil molekul klorofil yang dihasilkan oleh organisme fotosintesis purba. Organisme ini telah menghuni lautan purba yang telah lama menghilang.

Fosil berkisar dari merah darah hingga ungu tua dalam bentuk terkonsentrasi dan merah muda cerah ketika diencerkan.

"Pigmen merah muda cerah adalah fosil molekul klorofil yang dihasilkan oleh organisme fotosintesis purba yang menghuni lautan purba yang telah lama menghilang," kata Dr Gueneli dari ANU Research School of Earth Sciences dikutip dari laman ANU (14/10/2022).

Dalam proses penelitian, para peneliti menghancurkan batu yang berusia sangat tua, yakni satu miliar tahun. Batu tersebut dihancurkan sampai menjadi sebuah bubuk batu. Setelah itu, bubuk batu tersebut kemudian diekstraksi dan menganalisis molekul organisme purba dari mereka.

Analisis ini menegaskan jika cyanobacteria kecil mendominasi dasar rantai makanan di lautan satu miliar tahun yang lalu. Hal ini juga membantu menjelaskan, mengapa tidak terdapat hewan pada saat itu. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru