Malangtimes

4 Air yang Bakal Disuguhkan Pada Penghuni Surga, Ada Khamar? 

Oct 12, 2022 08:42
Ilustrasi air surga (istockphoto)
Ilustrasi air surga (istockphoto)

JATIMTIMES - Surga memiliki berbagai macam kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Tentu, mereka yang dapat masuk ke surga dan menikmatinya adalah orang-orang yang selalu bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Di antara kenikmatan yang ada di surga adalah air surga.

Lebih detail, di dalam Al-Qur'an, juga telah dijelaskan perihal air-air surga yang nikmat, menyegarkan dan bahkan tidak bisa didapatkan di dunia.  Dalam Al-Qur'an surah Al Mursalay 77:43, Alah berfirman, "Makan dan minumlah kamu dengan enak karena apa yang telah kamu kerjakan".

Diolah dari Islam Pos, di Surga, terdapat beberapa jenis air atau minuman yang disediakan untuk para penghuninya.

Adapun macam-macam minuman yang berada di surga itu antara lain:

1. Air Kafur

Air kafur merupakan minuman istimewa para penghuni Surga. Mata air Kafur berasal dari telaga al kautsar. Dalam Al-Qur'an Surah Al Insaan 76:5-6, Allah berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur (yaitu) mata air (dalam Surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya".

2. Air Jahe.

Air jahe di surga tentunya tak sama dengan air jahe di dunia. Air jahe di surga pastinya akan lebih nikmat dan lezat dibandingkan air jahe di dunia. Minuman jahe memang akan diberikan Allah kepada penghuni surga, sebagimana firman-Nya: 

"Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe (yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil." (QS. Al Insaan, 76:17-18).

3. Khamar

Khamar tentunya banyak diketahui merupakan minuman memabukkan di dunia. Minuman inipun bahkan diharamkan. Namun ketika di surga nanti, khamar akan menjadi sebuah minuman halal yang disediakan di surga.

Hal inipun telah dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Ash Shaffaat 37:45-47, "Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir, (warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya".

4. Air Susu dan Madu

Allah SAW menyediakan minuman nikmat Air susu dan madu untuk penghuni surga. Hal inipun juga telah ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Muhammad 47:15. 

"(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Robb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru