Malangtimes

Viral, Backpacker Ceritakan Keindahan Banda Neira yang Tak Banyak Diketahui Publik 

Oct 11, 2022 19:41
Beberapa potret keindahan suasana Banda Neira (sumber Twitter @euniceapril)
Beberapa potret keindahan suasana Banda Neira (sumber Twitter @euniceapril)

JATIMTIMES - Banda Neira menjadi trending topic di Twitter. Itu karena salah satu Backpacker Indonesia yang menceritakan sisi lain dari Banda Neira. 

Banda Neira sendiri adalah salah satu pulau di Timur Indonesia yakni Provinsi Maluku. Akun @euniceapril ini mengawali cerita tentang fakta Banda Neira yang jauh dari dunia modern. Tersisa berbagai tempat peninggalan sejarah bahkan hotel tua seperti The Maulana. 

"Di sini hanya duduk-duduk dan baca buku sambil menikmati siang terik dengan angin sepoi-sepoi yang tentunya membuat lekas mengantuk," ungkapnya. Dia menjelaskan wisata di Banda Neira belum tentu cocok bagi semua orang. 

"Sebetulnya jujur bingung kalau ditanya ini itu tentang wisata di sini. Bisa dibilang kamu perlu menurunkan standarmu akan tempat wisata mainstream, aku bilangnya ya blm tentu cocok untuk smua orang,"katanya. 

Lantaran kerap kali di pulau ini terjadi pemadaman bergilir, air mati dan lain sebagainya. 

"Ya contoh saja, mau sebagus apapun penginapanmu, harus rela kena pemadaman bergilir, air mati dsb. ndak ada kata eksklusif, ya ada sih hotel pake genset tp dihemat-hemat," tulisnya.

Akun itu menilai wisatawan yang datang ke Banda Neira udah biasa dengan kondisi lampu atau air mati. 

"Hotel tempat aku menginap pun kebanyakan orang diving dan siang-siang serta malam mereka ya baca buku, main boardgame. Ya udah ga pusing repot komplen kalo mati lampu or mati air. Ya wajar, ini pulau udh di tengah antah berantah, perhatian pemerintah jg ya gitu deh," ujarnya. 

Tak seperti kota wisata lain dengan banyaknya daftar wajib dikunjungi, di Banda Neira kegiatan wisata diisi dengan lebih syahdu. 

"Hari-hari berlibur di Banda ya diisi dengan kegiatan yang tentunya ga padat wisata seperti tempat lain. Pagi bangun kadang ke pelabuhan lihat orang berkegiatan, siang makan nasi ikan, sore sunset-an sambil lihat anak-anak main air atau bapak-bapak yang siap naik ke Bobo untuk melaut. Ya udah gitu-gitu aja," terangnya. 

Karena hal itulah mungkin banyak wisatawan Indonesia yang memilih wisata ke tempat lain. 

"Beberapa orang mikir "ya elah ini mah jalan-jalan ke kampung yang sama kaya kampung gw di rumah" , ya begitulah makanya Banda kurang populer. Orang Indonesia kebanyakan mungkin akan memilih plesiran ke tempat yang lebih worth the money untuk mereka ketimbang wisata sejarah ke sini. Tapi itu kan pilihan," jelasnya. 

Namun Dia menjelaskan alasan mengapa suka sekali berwisata di Banda Neira. "Kalo aku bisa bilang, wisata sejarah di sini mungkin bisa diberi judul "Where It All Started", tempat di mana semua bermula bagi sejarah Indonesia sebelum para penjajah pergi ke Indonesia bagian Barat," tandasnya. 

Itulah secuil cerita dirinya tentang pulau Banda Neira. "Sedikit bayangan tentang bagaimana ke Banda Neira dan aku kini paham kenapa banyak yang akhirnya jiper dan mundur duluan, selain karena biaya juga," terangnya. 

Menurut Dia, di Banda Neira tak perlu cari kafe atau tempat nongkrong hype. "Karena di sini ya duduk-duduk di jetty sambil bawa pisgor dan sukun goreng juga sudah hepi sambil lihat sunset. Ndak perlu sewa mobil dan motor jg krn banyakan di Pulau Naira ini ya jalan kaki aja," ungkapnya. 

"Kalau ditanya Banda Neira sebesar dan sepadat apa ya segini aja. Setengah pulau bisa dikitari dg jalan kaki saja. Area selepas bandara masih harus naik kapal," jelas akun tersebut menerangkan seberapa besar pulau Banda Neira. 

Akun ini juga menjelaskan mengapa di awal ceita dirinya menegaskan Banda Neira jauh dari dunia modern. "Di awal thread ini kenapa ku bilang jauh dr dunia modern? iya, biar kaum wisatawan yg ekspektasinya apa-apa selalu kiblatnya ke Jawa dan Bali bisa manage ekspektasi," ungkapnya sambil tertawa.  

Fakta menarik juga diceritakan tentang internet yang kenceng banget di Banda Neira. "Di Banda ini semua ada dan lengkap utk kebutuhan dasar. Internet aja wuzz wuzz kenceng banget 4G Telkomsel. Buat tukang komplen dan ngomel dan tipikal wisatawan mainstream tukang ngeluh apa2 minta dilayani bak raja dan ratu, kayaknya gakan cocok ke sini hehe...ya ngasih tau aja duluan...tp emang segmented bgt menurutku yg ksini apalagi kalo mau sampe lbh dr seminggu," ceritanya mengakhiri. 

Sontak warganet juga turut berkomentar dalam unggahan itu. "Keinginanku adalah ingin menghabiskan masa tua di Banda Neira," @nusaina26.

"Masuk wish list," @skrbrtwuliyy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru