Malangtimes

5 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

Oct 11, 2022 06:46
Meski tidak memiliki sinar yang begitu cerah, namun ke lima klub sepak bola ini memiliki sejarah panjang dan menjadi pelopor dalam dunia sepak bola (foto dari internet)
Meski tidak memiliki sinar yang begitu cerah, namun ke lima klub sepak bola ini memiliki sejarah panjang dan menjadi pelopor dalam dunia sepak bola (foto dari internet)

JATIMTIMES - Seiring dengan perkembangan zaman, sepak bola juga turut berkembang dari berbagai aspek.

Sepak bola sendiri merupakan olahraga yang memiliki sejarah yang begitu panjang, serta termasuk yang paling populer dan banyak disukai oleh masyarakat.

Inggris merupakan negara yang melahirkan sepak bola, dan klub tertua di dunia berasal dari Inggris.

 Tak hanya Inggris, rupanya masih ada empat klub sepak bola tertua di dunia. Lantas klub sepak bola apa saja dan berasal dari mana saja? Penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Sheffield FC

1

Klub ini berasal dari Sheffield, South Yorkshire Inggris. Klub bola ini dinobatkan sebagai klub tertua di dunia oleh FA dan FIFA. Sheffiled memainkan laga pertama mereka pada 1867 lawan Hallam. Saat ini mereka bermain di Northern Premiere League Divison One East.

Hallam FC

2

Awalnya, Hallam merupakan klub kriket. Namun, lama-lama berevolusi menjadi klub sepak bola dan ikut berkompetisi diberbagai ajang amatir. Mereka pertama kali tampil di ajang sepak bola amatir pada tahun 1867. Saat ini, Hallam bermain di Stadion Sandygate (stasiun tertua).

Cray Wanderers

3

Cray Wanderers merupakan klub tertua yang berasal dari Selatan Inggris. Di level amatir, mereka cukup berjaya dan memenangkan banyak gelar Kent League. Wanders baru masuk level semi-pro pada 1950-an. Kini mereka bermain di Liga Isthmian.

Workshop Town FC

4

Sejak didirikan pada 1861, Workshop Town tetap tetap tercatat sebagai klub semi-profesional. Saat ini pun mereka masih bermain di Northern Premier League, selevel dengan kasta ketujuh Liga Inggris. Bahkan di ajang piala FA, mereka juga sulit unjuk gigi.

Notss County FC

5

Klub ini didirikan pada 1862. Pada tahun 1888 mereka adalah salah satu dari 12 klub yang ikut mendirikan Football League di Paris. Saat ini mereka bermain di League one yang selevel dengan kasta ketiga di Inggris.

Nah itu dia ke lima klub bola yang masih aktif hingga saat ini. Meski tak memiliki prestasi yang begitu gemilang, namun klub-klub di atas memiliki sejarah yang panjang dalam dunia sepak bola. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru