Malangtimes

Hari Kesehatan Mental Dunia, Video Marsyanda Trending di Media Sosial 

Oct 10, 2022 18:07
Marshanda saat mengungkapkan dirinya didiagnosis bipolar disorder. (sumber Twitter @tiktokIDN)
Marshanda saat mengungkapkan dirinya didiagnosis bipolar disorder. (sumber Twitter @tiktokIDN)

JATIMTIMES - Hari kesehatan mental dunia diperingati setiap 10 Oktober. Seluruh penjuru dunia pun merayakan hari tersebut. Tak terkecuali aktris Marsyanda. 

Lebih dari 9 ribu tweet membicarakan tentang konten Marshanda yang diinisiasi oleh TikTok. Video @tiktokIDN yang berdurasi 1 menit itu memperlihatkan Marshanda tengah membicarakan motif batik yang dipegangnya. 

"Cantik banget ya batiknya. Kamu pasti belum pernah lihat motif ini sebelumnya. Karena motif ini cuma ada satu di dunia. Dan datangnya dari diri aku, dari brainwave-nya aku," ungkap Marshanda dalam video tersebut. 

Kemudian video motif batik itu bergerak menjadi pola brainwave milik Marshanda yang mengidap bipolar disorder.  "Lewat batik ini, aku bisa tunjukkan, kalau isi pikiranku itu nggak menakutkan dan bisa jadi indah. Sangat beda dengan stigma negatif yang ada," jelas ibu satu anak tersebut. 

"Dan sekarang kalian bisa melihat, apa yang selama ini tidak bisa kalian lihat," lanjut mantan istri Ben Kasyafani itu. 

Di akhir video itu dia mengungkapkan bahwa dirinya terdiagnisis bipolar disorder.  "See the beauty of their mind. (Lihat keindahan pikiran mereka). Seeing the unseen (melihat yang tak terlihat)," penutup dalam video tersebut. 

Dalam video tersebut, tiktok juga mengajak publik agar menghilangkan stigma negatif pada pengidap penyakit kesehatan mental. 

"Di #HariKesehatanMentalDunia ini, TikTok mengajak kamu untuk #SeeingTheUnseen dan bantu hilangkan stigma pada #KesehatanMental. Lihat indahnya motif unik batik dari bipolar disorder survivor Marshanda dan teman-teman mental health survivor lainnya," tulis akun Twitter @tiktokIDN. 

Lantas banyak warganet yang berkomentar memberikan dukungan dan semangat kepada Marsyanda maupun siapa saja yang sedang mengalami penyakit mental. 

"Alhamdullillah, terima kasih Tiktok & Marshanda, saya sebagai penyintas masalah kejiwaan sangat terharu melihat ini #seeingtheunseen," @DaraSanMoy.

"Dari video ini ada satu hal yang bisa di ambil, jngan malu dan takut untuk bilang bahwa kamu salah satu dari sekian banyak org yang terganggu kesehatan mentalnya," @Misquee85783752. 

"#SeeingtheUnseen Kesehatan Mental. Video Marshanda ni emg ngebuka pikiran bgtt ttg stigma negatif ttg mental health," @raulSitopu. 

"Luar biasa dibalik kekurangan seseorang ada banyak kelebihan yang tidak bisa orang lain lihat dan hari ini ia membuktikannya," @Israhmi2. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru