Malangtimes

Mahasiswa UIN Maliki Malang Panen Prestasi Nasional

Oct 10, 2022 14:36
Para mahasiswa UIN Maliki Malang yang menorehkan prestasi tingkat nasional (Ist)
Para mahasiswa UIN Maliki Malang yang menorehkan prestasi tingkat nasional (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang panen prestasi. Mahasiswanya banyak meraih prestasi, bahkan di tingkat nasional. 

Di antaranya, Riska Febriyanti dan Iqbal Nasiruddin yang menyabet juara 2 Olimpiade Perbankan Syariah yang diadakan oleh HMJ Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang pada 6 Oktober 2022.

Dalam Olimpiade Perbankan Syariah, diikuti oleh 57 kontigen dari seluruh penjuru Nusantara. Pada babak penyisihan hanya 10 besar yang bertahan, dan UIN Maliki Malang berada pada urutan ke – 4 teratas dengan 68 poin dan kemudian terus naik.

Proses untuk melaju ke babak final, yang digelar pada 4 Oktober 2022, tak dilalui dengan mudah. UIN Maliki Malang saat itu tertahan pada posisi ketiga. Sedang pada posisi kedua, adalah UIN Imam Bonjol Padang dan posisi pertama adalah UIN Tulungagung. 

Namun, pada babak grand final, kerja keras mahasiswa UIN Maliki Malang membuatnya maju satu langkah dan naik pada posisi kedua. Hal ini setelah, Riska Febriyanti dan Iqbal Nasiruddin, mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri, secara cepat, tepat dan komprehensif.

"Alhamdulillah seneng rasanya, bisa tambah ilmu dan kenalan, plus pulang bawa trophy, pengalaman yang luar biasa," terang Riska.

Iqbal menambahkan, pihaknya berharap kedepan untuk bisa mengukir prestasi pada ajang lainnya. "Semoga kedepannya makin sukses dan dapat mengikuti lomba atau olimpiade lainnya," tambah mahasiswa semester 5 ini.

Selain itu, ada juga mahasiswa lainnya, yakni Riska Febriyanti dan Aisyah Nur Rahmadina, mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang yang juga berhasil meraih juara 1 di ajang perlombaan National Business Plan Kopsyarnas 2022.

Dalam ajang itu, Riska dan Aisyah, mengusung produk bernama Teh BBM atau akronim dari Teh Bekatul Beras Merah. Dengan produk inovatif yang diusung oleh tim yang dinamainya Tim Glory, ia berhasil menyabet juara dalam kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tersebut.

Produk Teh BBM ini, berbahan dasar dari bekatul beras merah. Produk ini muncul dari sebuah ide yang berasal dari rasa empati karena banyaknya bekatul yang tidak dimanfaatkan di lingkungan sekitar. 

Padahal, kandungan dalam bekatul beras merah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin B, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, kalium, natrium, dan magnesium. Untuk itulah, Teh BBM memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya menurunkan hipertensi, kolesterol dan mencegah kanker.

Dalam proposal yang diusung, sangatlah strategis. Sebab, proposal produknya memperhitungkan aspek finansial dan aspek perencanaan ke depannya secara matang. 
Hal itulah yang kemudian membuat Tim Glory dapat melaju melewati beberapa babak dan banyak yang menyingkirkan pesaing dari berbagai universitas.

"Bagian terpenting dari sebuah perlombaan adalah prosesnya bukan hasilnya, karena hasil adalah buah dari usaha," tambah Aisyah Nur Rahmadina selaku anggota tim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru