Malangtimes

Dukung Perdamaian Aremania-Bonek: Warganet Beberkan Tanda-Tanda Rivalitas Mulai Diakhiri

Oct 07, 2022 14:42
Animasi perdamaian yang berseliweran di media sosial (Sumber Twitter)
Animasi perdamaian yang berseliweran di media sosial (Sumber Twitter)

JATIMTIMES - Kabar beredar tentang perdamaian antar rivalitas Aremania, suporter Arema FC dengan Bonek Mania, suporter Persebaya bukan hanya isu belaka. 

Selain nampak dari beberapa animasi perdamaian yang berseliweran di media sosial. Juga terlihat akun official keduanya, baik Persebaya official maupun Arema official telah mengonfirmasi kabar perdamaian tersebut. 

Seperti dikutip dari TikTok @maulanajefri4, menggambarkan foto sekawanan pria yang bersama-sama menunjukkan identitas sepak bola. Dari kiri memakai syal Persebaya, disampingnya ada Arema, Persib dan paling kanan Persija Jakarta. 

Gambar animasi itu menunjukkan harapan warganet yang mendukung penuh rivalitas keempat suporter sepak bola itu bisa berdamai. Antara Jakmania (Persija) dan Aremania dengan Viking (Persib) dan Bonek. 

Di sisi lain, dukungan perdamaian yang diberikan warganet untuk Persebaya dan Arema juga nampaknya disambut dengan baik. Hal itu terbukti dari unggahan Twitter Persebaya @persebayaupdate. 

"Nawaitu Perdamaian. Kami manajemen Persebaya, bersama seluruh barisan, pelatih, pemain, staf, juga bersama teman-teman suporter Persebaya, pertama-tama ingin mengucapkan belasungkawa sebesar-besarnya terhadap seluruh korban dan keluarga atas tragedi di Kanjuruhan," tulisnya. 

"Azrul Ananda, perwakilan keluarga pemegang saham Persebaya, juga telah berkomunikasi langsung dengan Presiden Klub Arema Gilang Widya Permana, untuk membahas hubungan kedua pihak ke depan. Teman-teman bonek juga sudah berhubungan dengan teman-teman Aremania," lanjut tulisannya dalam akun Twitter resmi Persebaya. 

"Nawaitu-nya sama, untuk mengakhiri segala permusuhan, dan mengawali serta membina hubungan yang lebih baik ke depannya," harapnya. 

Persebaya dalam cuitannya juga menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah sepakat untuk melakukan pertemuan, antara Bonek dan Aremania. Maupun manajemen Persebaya dan Arema untuk membahas niatan baik itu lalu mewujudkannya dalam program-program dan kegiatan yang konkret. 

Karena bagaimanapun dituliskan Persebaya dalam akunnya, rivalitas hanyalah 90 menit di lapangan. Sebelum dan sesudah semuanya adalah saudara. 

"Semoga segala niat dan tujuan baik dari kedua pihak ini bisa dipahami dan didukung oleh sebanyak mungkin teman-teman, kalau memang belum bisa semuanya," tegasnya. 

Pernyataan Persebaya Official itu pun disambut baik oleh Arema Official di instagram. Nampak Arema Official mengunggah ulang tweet tersebut dengan komentar simbol hati berwarna biru bersalaman dengan simbol hati berwarna hijau. 

Simbol hati yang berwarna biru diartikan sebagai Arema, sementara simbol hati berwarna hijau diartikan sebagai Bonek. 

Sontak warganet ramai-ramai mendukung perdamaian antara supporter sepak bola di Indonesia itu. 

"Make it happen guys!," @cakoleg. 

"Ini kalau Aremania @AremafcOfficial & Bonek @persebayaupdate sama2 turun untuk minta usut tuntas keadilan atas tragedi Kanjuruhan akan jadi moment paling terhebat bersatunya 2 suporter klub besar," terang @akhmad_barkah. 

"Bro, kita gaperlu ceng"an lg kalo tim kebanggaan kita masing" ada yg kalah. Andai kita bisa nribun bareng pake jersey masing," @suka2jempolgue. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru