Malangtimes

Hindari Hal Sepele Ini, Ternyata Allah Tak Menyukainya

Oct 01, 2022 10:02
Ilustrasi menguap tanda mengantuk (istockphoto)
Ilustrasi menguap tanda mengantuk (istockphoto)

JATIMTIMES - Menguap sangat erat kaitannya dengan rasa kantuk dan lelah. Hal ini pun kerap dialami banyak orang. 

Namun, perlu diketahui, jika menguap adalah salah satu hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Lantas mengapa demikian? 

Dilansir dari Sindo, dengan refrensi Faidhul Qodiir Juz 1 Hal 404; Fathul Baari Juz 10 Hal 612 dan Khulaashotul Ahkaam Juz 1 Hal 487, terdapat hadits yang menjelaskan hal tersebut. 

Hadist riwayat Abu Daud, "Sesungguhnya Allah senang dengan bersin, dan tidak suka dengan menguap." (HR Abu Daud).

Lebih rinci, ketika seseorang menguap, hal tersebut memberikan sebuah ruang bagi setan untuk masuk ke dalam diri manusia. Seperti diketahui, setan sendiri merupakan mahluk yang akan menjerumuskan manusia pada jurang kesesatan. Mereka akan melakukan segala tipu daya untuk menyesatkan manusia. 

Untuk itulah, Rasulullah SAW kemudian mengajarkan bagaimana etika saat seseorang menguap. 

Pertama, sebisa mungkin untuk menahan dengan mengurangi makan. Sehingga, rasa kantuk akan lebih berkurang. Ketika seseorang merasa kenyang, rasa kantuk akan muncul dan tentunya menyebabkan seseorang tersebut menguap.

 "Apabila salah seorang di antara kamu menguap, maka hendaklah ia tinggalkan perkara yang membuat menguap (seperti banyak makan) sebisa mungkin." (HR. Abu Daud) 

Kedua, ketika terpaksa untuk menguap, maka disunnahkan untuk menutup mulut. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis, "Apabila salah seorang di antara kamu menguap, maka hendaklah ia letakkan tangannya ke mulutnya, sebab setan masuk ketika menguap." (HR Al-Bukhari).

Menutup mulut ketika menguap juga terdapat beberapa tingkatan, yakni menutup dengan telapak luar tangan kiri inilah lebih sempurna; kemudian dengan telapak dalam tangan kanan atau dengan kain (masih dapat kesunnahan).

Terakhir adalah, ketika menguap hendaknya tak sampai mengeluarkan bunyi. Misalnya seperti "huahhhh" atau lainnya. 

Ketika seseorang menguap, lalu mengeluarkan suara, maka setan akan sangat merasa senang atas perbuatan yang dilakukan manusia tersebut.

Dalam sebuah hadis, riwayat Abu Daud, "Dan jangan berkata 'hahhhh' ketika menguap, sebab menguap itu datangnya dari setan dan setan tertawa ketika itu".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru